Jelang Gerhana Matahari Total, Ini 10 Lokasi Terbaik di Jalur Totalitas
Gerhana matahari total (foto: dok. NASA)

Bagikan:

 

JAKARTA – Setiap 18 bulan sekali, gerhana matahari total akan berlangsung dan membuat permukaan bumi yang dilalui menjadi gelap gulita. Fenomena ini akan kembali terjadi pada 8 April mendatang.

Tahun ini, gerhana matahari total bisa dilihat secara maksimal oleh penduduk di Amerika Utara. Meski jalurnya hanya selebar 185 kilometer dan sepanjang 16.000 kilometer, gerhana kali ini akan menjadi gerhana terbesar selama beberapa dekade.

Gerhana kali ini memang berada di jalur Amerika Serikat, tetapi tidak semua masyarakat bisa menikmati pemandangan tersebut. Mengutip dari laporan Space, hanya sepuluh kota yang bisa menyaksikan gerhana secara maksimal.

Sepuluh kota ini adalah Montreal, Hamilton, Indianapolis, Dallas, Fort Worth, Durango, Mazatlan, Austin, San Antonio, dan Torreon. Seluruh kota ini memiliki jumlah populasi mencapai 10 juta penduduk dengan rata-rata di atas 500.000 jiwa.

Gerhana matahari total akan dimulai dari Samudra Pasifik Selatan dan melintasi Amerika Utara. Lokasi pertama yang akan melihat totalitas gerhana ini adalah pantai Pasifik Meksiko pada pukul 11.07 waktu setempat.

Setelah itu, jalur gerhana akan masuk ke wilayah Meksiko dan berlanjut ke wilayah Amerika Serikat di Texas, Oklahoma, Arkansas, Missouri, Illinois, Kentucky, Indiana, Ohio, Pennsylvania, New York, Vermont, New Hampshire, dan Maine.

Meski gerhana matahari total menyenangkan untuk dilihat, masyarakat maupun pendatang yang ingin menyaksikan langsung gerhana matahari total harus menggunakan pelindung mata khusus untuk menjaga kesehatan mata mereka.

Selain menggunakan alat pelindung, masyarakat atau pendatang juga bisa menggunakan lensa kamera, teropong, dan teleskop. Ketiganya bisa menjadi alternatif yang baik karena jarak antara mata dengan gerhana matahari bisa diatur menggunakan lensa.