Begini Cara Menyaksikan Gerhana Matahari Total Bersama NASA
Gerhana matahari total (foto: dok. NASA)

Bagikan:

JAKARTA – Gerhana matahari total akan terjadi pada 8 April mendatang. Dalam hitungan hari, sebagian lokasi di Amerika Utara akan redup karena Bulan akan melintas dan berhenti tepat di antara Bumi dan Matahari.

Jutaan orang akan menyaksikan fenomena tersebut secara langsung di jalur totalitas, sebutan untuk wilayah yang akan melihat gerhana matahari total dengan sangat jelas. Jalur ini akan membentang di wilayah Texas hingga Maine.

NASA merupakan salah satu badan antariksa yang akan mengamati fenomena tersebut. Selama gerhana matahari total berlangsung, NASA akan mengadakan siaran langsung agar penggemar astronomi di seluruh dunia bisa ikut menyaksikan.

NASA akan memulai siaran langsung pada 13.00 EDT atau pukul 00.00 WIB, sudah memasuki 9 April di Indonesia. Siaran ini akan berlangsung selama tiga jam dan akan menampilkan beberapa lokasi di jalur totalitas, seperti Ohio, Dallas, Indianapolis, dan lainnya.

Selama siaran berlangsung, NASA tidak hanya memperlihatkan tampilan gerhana matahari total di wilayah tersebut. Lembaga negara AS itu juga akan menampilkan penglihatan dari teleskop dan penampilan khusus dari para ahli di NASA.

Bagi masyarakat yang ingin melihat gerhana matahari total secara online, mereka bisa mengakses situs web NASA+ di NASA TV, saluran media NASA Television, dan YouTube. Khusus di NASA Television dan YouTube, NASA tidak akan menampilkan sesi komentar.

NASA hanya akan memperlihatkan gabungan pandangan dari berbagai lokasi yang memantau gerhana matahari total. Namun, tayangan ini akan dipengaruhi oleh perubahan cuaca, kemajuan gerhana, dan ketersediaan umpan.