Bagikan:

JAKARTA - Gerhana matahari total akan terjadi pada 8 April tahun depan dan seharusnya bisa dilihat dengan mata telanjang. Namun, El Nino berpotensi merusak pemandangan indah ini.

Jalur gerhana matahari total tahun depan diperkirakan memiliki lebar 185 kilometer. Gerhana ini akan dimulai di Pantai Pasifik Meksiko dan mengarah ke timur laut, melintasi 15 negara di Amerika Serikat (AS) dari Texas hingga Maine.

Data klimatologi standar, yang VOI kutip dari Space, menunjukkan bahwa peluang terbaik untuk melihat gerhana matahari total di langit cerah akan terjadi di bagian barat daya, yaitu dari Meksiko hingga Texas.

Sayangnya, pemandangan gerhana matahari total ini dapat terganggu karena bulan April merupakan waktu transisi musim di seluruh benua. Di bulan ini, musim badai petir akan dimulai di wilayah Selatan dan musim semi serta hujan salju akan terjadi di wilayah Utara.

El Nino diperkirakan akan mengubah pola angin secara keseluruhan di seluruh dunia, khususnya di AS. Menurut Ahli Meteorologi Jon Hutchinson, aliran jet akan lebih kuat di bagian Selatan dan lembut di bagian Utara.

“Secara umum kita akan melihat jumlah badai yang sama pada tahun El Nino. Namun, sistem badai yang bergerak melalui wilayah Texas cenderung jauh lebih besar dan lebih kuat,” kata Hutchinson.

Meski beberapa ilmuwan mengaitkan gerhana matahari total ini dengan El Nino, Peneliti Sky & Telescope Anderson mengatakan bahwa pengaruh ini sedikit kompleks. Sejak tahun 1979, pengaruh awan terus berkurang di wilayah gerhana.

Baik Meksiko, Texas, Oklahoma, hingga Illinois, keruhnya keadaan langit terus berkurang hingga 15 persen dan perbedaannya sedikit di tahun-tahun El Nino. Ini sebenarnya menjadi kabar baik karena mungkin saja El Nino tidak memberikan pengaruh besar saat gerhana terjadi.

Hingga saat ini, ahli meteorologi belum bisa memperkirakan pengaruh El Nino yang akan terjadi di tahun depan. Mereka belum tahu apakah El Nino kali ini akan begitu kuat atau lemah dan akan memengaruhi cuaca atau tidak.

Selama ini El Nino belum pernah mengganggu pemandangan dari gerhana. Akan tetapi, para ahli meteorologi menyarankan untuk melihat prakiraan cuaca terlebih dahulu sebelum memperhatikan gerhana matahari total.