Market Anjlok, <i>Whale</i> ETH Meningkat
Whale Ethereum meningkat di tengah bear market.(foto: dok. Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA – Di tengah penurunan pasar kripto yang berlangsung pada tahun 2022 ini, justru memberikan peluang bagus bagi para Whale Ethereum (pemilik ETH antara 1.000 hingga 100.000). Karenanya, meski market menurun, dompet kripto para whale ETH justru bertambah lebih banyak.

Menurut data dari firma analitik kripto, Santiment, mengungkapkan bahwa para whale ETH telah meningkat lebih tinggi idari sebelumnya dalam satu pekan terakhir. Peningkatan itu terjadi setelah jumlah whale ETH mencapai titik terendahnya pada bulan Mei lalu.

Hingga hari Minggu lalu, terdapat 131 alamat dompet baru yang muncul dengan jumlah total secara singkat lebih dari 6.666. Selain para paus, investor ETH dalam jumlah kecil juga mengalami peningkatan signifikan. Pemilik ETH yang memiliki 100 atau lebih, di sisi lain telah meningkat signifikan dalam 15 bulan terakhir hingga berjumlah 45.000.

Peningkatan investor kecil dan besar terhadap Ethereum tidak dapat dilepaskan dari rencana kripto nomor dua tersebut yang dijadwalkan akan memasuki fase terpenting Ether yakni The Merge. Fase tersebut menandai peralihan model Ethereum dari Proof of Work (PoW) ke Proof of Stake (PoS).

Meski begitu, transisi tidak dilakukan secara tergesa oleh pengembang Ethereum. Namun, mereka lebih berhati-hati dalam menerapkan rencana tersebut sesuai dengan kondisi yang mereka hadapi sehingga rencana The Merge sebelumnya mengalami penundaan.

Dengan beralihnya Ethereum dari PoW yang diklaim boros energi ke PoS yang disebut lebih ramah lingkungan, kripto yang didirikan oleh Vitalik Buterin itu memiliki kemampuan yang kaya. Ini pula yang menyebabknya banyak pengembang menggunakan jaringan Ethereum untuk berbagai proyek.

Di sisi lain, jaringan Ethereum juga memiliki kekurangannya sendiri yakni mahalnya biaya transaksi jaringan. Oleh karena itu, dengan beralihnya ETH ke ETH 2.0, diharapkan dapat memangkas biaya transaksi yang tinggi di blockchain Ethereum.

Saat penulisan, kripto nomor dua berdasarkan kapitalisasi pasar itu diperdagangkan di harga Rp22.273.882. Harga ETH mengalami kenaikan sebesar 8,3% dalam 24 jam terakhir, berdasarkan data dari Coingecko, 19 Juli 2022.