Ethereum Foundation: Hadiah 1 Juta Dolar Bagi yang Bisa Temukan Bug di Jaringan
Ethereum tengah membuka kesempatan bug bounty. (foto: dok. Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA – Pemburu bug atau biasa dikenal sebagai bug bounty mendapat kabar gembira.  Mata uang kripto terbesar kedua berdasarkan kapitalisasi pasarnya, Ethereum (ETH), melalui Ethereum Foundation akan memberikan hadiah berupa uang tunai sebesar 1 juta dolar AS (sekitar Rp14,7 miliar) bagi siapa saja yang dapat menemukan bug.

Ini merupakan salah satu upaya Ethereum Foundation dalam meningkatkan keamanan jaringan. Selain itu, lembaga ETH tersebut menaikkan hadiah untuk bug bounty menjelang transisi Ethereum dari model Proof-of-Work (PoW) ke Proof-of-Stake (PoS).

Hadiah uang tunai itu bernilai empat kali lebih besar dari hadiah biasa untuk bug yang berpotensi tinggi terhadap rentannya keamanan jaringan. Nantinya, mereka yang berhasil menemukan bug akan mendapat bayaran hingga 8 September mendatang.

Melansir CryptoPotato, Ethereum Foundation mengumumkan program bounty baru yang berfokus khusus pada Ethereum 2.0 pada Oktober 2020. Kemudian, Ethereum Foundation meningkatkan hadiah menjelang peluncuran Beacon Chain yang merupakan peningkatan awal Ethereum versi PoS.

Berdasarkan keterangan dari blog resmi Ethereum Foundation, peningkatan Bellatrix akan memulai fase The Merge. Ini dijadwalkan untuk tayang pada 6 September. Dengan The Merge, Ethereum diharapkan dapat sepenuhnya beralih ke mekanisme konsensus Proof-of-Stake pada bulan depan.

Pengumuman hadiah bagi pemburu bug yang bernilai besar ini mencuat setelah Peter Szilagy, salah satu pengembang Ethereum, menginformasikan bahwa kerentanan telah ditemukan di Geth 1.10.22. Untungnya, bug tersebut sudah diatasi sehari sebelumnya.

Pada bulan Agustus ini, blockchain Ethereum terbagi karena bug yang akhirnya ditemukan dalam perangkat lunak Geth. Jika ini tidak diatasi, kemungkinan akan menjadi masalah besar bagi jaringan Ethereum.

Sebelumnya, pada Mei lalu, platform kripto Wormhole harus membayar hadiah sebesar 10 juta dolar AS kepada peretas white hat anonim karena berhasil menemukan kerentanan dalam sistem. Kemudian ada platform kripto lain, Aurora, yang juga memberikan hadiah sebesar 6 juta dolar AS kepada hacker yang menemukan permasalahan serupa.

Tidak berhenti sampai di situ saja, platform kripto rela menggelontorkan dana jutaan dolar AS untuk penemu bug yang membuat rentan jaringan. Seperti yang dilakukan oleh MakerDAO yang rela mengucurkan hadiah senilai 10 juta dolar AS untuk program bug bounty.