Discord OpenSea Kena Serangan <i>Phishing</i>, Banyak Makan Korban?
Akun Discord OpenSea kena serangan phishing. (OpenSea)

Bagikan:

JAKARTA – Marketplace NFT populer, OpenSea terpaksa harus mengalami serangan phishing. Kali ini bukan platform perdaganga NFT-nya tapi kanal Discord utama OpenSea yang telah menjadi sasaran penjahat siber.

PeckShield selaku perusahaan keamanan Blockchain mengungkapkan insiden tersebut menyusul berbagi keluhan dari komunitas NFT yang diunggah ke postingan Twitter. Pihak OpenSea sendiri langsung merespon permasalahan tersebut dengan memulai investigasi.

Dilansir dari CryptoPotato, setelah beberapa tweet sehubungan dengan insiden tersebut, PeckShield mengkonfirmasi bahwa saluran Discord dari marketplace NFT telah dieksploitasi.

Para scammer menggunakan tautan phishing ke YouTube NFT dan mulai mempromosikan uang kertas NFT palsu. Seperti penipuan sebelumnya, yang satu ini menguraikan mint tertentu yang ditawarkan bekerja sama dengan YouTube.

Tautan tersebut mengarahkan pengguna ke tautan YouTube, di mana penipu mengiming-imingi tawaran promo untuk 100 peserta pertama yang berkesempatan mengklaim token dengan diskon 100 persen.

Hingga saat ini belum diketahui apakah aksi penipuan phishing di kanal Discord OpenSea tersebut telah memakan korban atau tidak. Pihak OpenSea mengumumkan melalui postingan Twitter bahwa tim sedang menyelidiki permasalahan tersebut.

Pada awal tahun 2022, marketplace NFT OpenSea juga sempat diekspoitasi peretas yang berhasil maling seni digital NFT di platform senilai 1,8 juta dolar AS atau setara Rp26.203.770.000 sesuai harga mata uang saat ini. Pihak OpenSea menjanjikan untuk mengganti kerugian yang dialami para pemilik NFT di platform yang menjadi korban.