Akun Discord Boris Vagner Diretas, Serangan <i>Phishing</i> Bobol Sejumlah Pemilik NFT, Kerugian Hingga Rp 3,7 Miliar
Sejumlah pemilik NFT Bored Ape Yacht kehilangan aset mereka. (foto; @BoredApeYC)

Bagikan:

JAKARTA - Yuga Labs, pencipta dua penawaran nonfungible token (NFT) bertema kera paling populer, Bored Ape Yacht Club (BAYC) dan OtherSide, mengalami serangan phishing lain yang telah menyebabkan investor kehilangan lebih dari 145 Ether (ETH) atau hampir 260.000 dolar AS (Rp3,7) hingga Minggu, 5 Juni.

OKHotshot, seorang detektif blockchain dan anggota komunitas Crypto Twitter, memperingatkan investor crypto tentang kompromi dari dua grup Discord resmi yang terkait dengan BAYC dan OtherSide NFTs.

Menurut penyelidikan OKHotshot, serangan itu dilakukan dengan meretas akun Discord Boris Vagner, manajer komunitas dan sosial Yuga Labs.

Setelah mendapatkan akses tak terbatas ke akun karyawan, scammer membagikan berbagai tautan phishing dari akun Discord Vagner ke grup resmi BAYC, Mutant Ape Yacht Club (MAYC), dan Otherside.

Banyak pengguna di grup Discord, yang tidak waspada dengan penipuan yang sedang berlangsung, menjadi korban karena pesan phishing yang menjanjikan hadiah dalam jumlah terbatas yang tersedia untuk pemegang NFT yang ada.

Mengakhiri penyelidikannya, OKHotshot mengungkapkan dompet yang menyimpan dan mentransfer NFT yang baru saja dikompromikan, membuat BAYC kedua kalinya menjadi korban serangan dalam dua minggu. Yuga Labs sendiri belum menanggapi permintaan komentar Cointelegraph atas laporan ini.

Sebelumnya pada 25 Mei, seorang anggota Proof Collective kehilangan 29 NFT Moonbirds berbasis Ethereum bernilai tinggi senilai 1,5 juta dolar AS (Rp21,6 miliar) di tengah upaya penipuan yang sedang berlangsung.

Sementara kerusakan total yang diakibatkan peretasan ini masih belum jelas, penipuan crypto baru-baru ini adalah peringatan keras bagi pemilik NFT untuk berhati-hati saat berurusan dengan platform pihak ketiga. Pemilik kripto harus memeriksa ulang apa pun yang dibagikan oleh orang lain, bahkan jika mereka tampak dapat dipercaya.