Ratusan Ribu Dolar NFT Dicuri dalam Serangan SIM Swap pada Proyek Gutter Cat Gang
Serangan SIM swap yang dilaporkan terjadi pada proyek Gutter Cat Gang NFT.(foto: twitter @GutterCatGang)

Bagikan:

JAKARTA - Lebih dari 765.000 dolar AS (Rp11,5 miliar) dalam bentuk token non-fungible (NFT) telah dicuri dalam serangan SIM swap yang dilaporkan terjadi pada proyek Gutter Cat Gang NFT.

Pelanggaran keamanan ini diungkapkan oleh beberapa anggota komunitas NFT sekitar pukul 8:00 malam UTC pada tanggal 7 Juli, dengan salah satu pendiri Gutter Cat Gang, Gutter Mitch, mengirimkan peringatan melalui cuitan: "Akun Twitter kami diretas, harap jangan berinteraksi dengan tautan apa pun."

Selain akun resmi Gutter Cat Gang, pendiri lainnya, Gutter Ric, juga diretas.

Para peretas menggunakan akun tersebut untuk membagikan tautan ke airdrop sepatu NFT edisi terbatas palsu dari Gutter Cat Gang yang pada dasarnya menguras dompet online orang ketika mereka mengkliknya.

Untuk membuat tautan palsu terlihat lebih sah, cuitan tersebut mencakup merek dan gambar terkini dari Gutter Cat Gang yang berasal dari peluncuran sepatu proyek tersebut dalam kemitraan dengan Puma dan bintang NBA/Charlotte Hornets, LaMelo Ball.

Menanggapi cuitan Gutter Mitch, penelusur blockchain terkemuka ZachXBT menyatakan bahwa tim tersebut diretas melalui serangan SIM swap, sambil mempertanyakan praktik keamanan siber tim tersebut.

"Tim Anda sebaiknya mempertimbangkan rencana kompensasi bagi para korban karena sangat kelalaian menggunakan SMS 2FA di media sosial Anda setelah banyak serangan SIM swap yang terjadi baru-baru ini," kata ZachXBT.

Dalam cuitan terpisah, ZachXBT menyoroti dua korban serangan, di mana salah satunya kehilangan NFT Bored Ape Yacht Club senilai 65.913 dolar AS (Rp999 juta) dengan harga saat ini, dan yang lainnya kehilangan NFT senilai 700.000 dolar AS (Rp10,6 miliar) dari sejumlah koleksi blue chip.

Memberikan pembaruan tentang masalah ini, salah satu pendiri Gutter Cat Gang, Gutter Dan, menyatakan: "Kami sedang bekerja dengan Twitter untuk mendapatkan kembali akses ke akun Twitter terkait Gutter yang diretas."

"Kami sangat merasa simpati kepada semua yang terkena dampak dan ingin meyakinkan Anda bahwa kami sangat serius menangani masalah ini dan sedang bekerja dengan penegak hukum untuk menyelidiki serangan dan pelanggaran keamanan ini," tulisnya.

Gutter Cat Gang diluncurkan pada pertengahan 2021 dan terdiri dari 3000 avatar kucing kartun NFT unik. Harga terendah saat ini adalah 0,5 Ether (ETH), naik hampir 615% dari biaya awal untuk mencetak NFT, menurut NFT Price Floor.