Google Calendar Kini Memungkinkan Pengguna Menambahkan Lokasi Mereka Kerja di Jam Tertentu
Ilustrasi. (Foto: Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Google meluncurkan pembaruan untuk fitur lokasi kerja di Google Calendar, di mana pengguna kini dapat menyetel lokasi kerja Anda untuk menunjukkan tempat Anda bekerja di jam berbeda dalam satu hari.

Sebenarnya, fitur ini sudah ada sejak tahun 2021, saat itu Google mengizinkan pengguna untuk mengatur lokasi kerja mereka untuk hari-hari tertentu, tapi sekarang pengguna memiliki opsi untuk menentukan dari mana mereka bekerja di jam tertentu, agar lebih akurat.

Misalnya, Anda membuat catatan kalender bahwa Anda sedang bekerja dari rumah pada pagi hari, dan kemudian Anda akan berada di kantor pada sore harinya. Fitur ini akan memudahkan rekan kerja untuk mengetahui di mana Anda berada pada waktu tertentu jika mereka perlu menghubungi Anda atau mengatur rapat.

Foto: Dok. Google

"Untuk menyempurnakannya lebih lanjut, kami memperkenalkan opsi untuk menyetel lokasi kerja di Kalender yang menunjukkan tempat Anda bekerja untuk bagian tertentu hari itu," tulis Google dalam pengumuman di situs resminya, yang ditemukan oleh TechCrunch, dikutip Minggu 9 Juli.

"Ini akan membantu Anda mencerminkan ketersediaan Anda secara lebih akurat berdasarkan lokasi fisik yang Anda tetapkan, yang dapat berubah sepanjang hari," tambahnya.

Fitur ini sudah diluncurkan sekarang, dan pengguna dapat mengatur lokasi kerja mereka dengan memilih opsi "Working Location" sebagai jenis acara di kalender mereka, lalu memilih lokasi. Dari sana, Anda dapat mengubah tanggal, waktu, atau pengulangan dengan mengklik elemen waktu.

Kemampuan ini tersedia untuk pengguna Workspace Business Standard, Business Plus, Enterprise Standard, Enterprise Plus, Education Fundamentals, Education Standard, Education Plus, Teaching and Learning Upgrade, dan Nonprofit.