HUT Ke-17 Badan Kebijakan Fiskal, Sri Mulyani Titip Pesan Ini
Foto: Instagram @smindrawati

Bagikan:

JAKARTA – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengucapkan selamat ulang tahun ke-17 kepada seluruh jajaran Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kemenkeu.

Dia menyebut, usia 17 tahun merupakan usia yang cukup matang bagi BKF untuk memiliki pemikiran, mental dan karakter yang kuat bagi masa depan Indonesia.

“Saya ingin teman-teman BKF menggambarkan sikap mental, cara berpikir Indonesia yang beragam namun satu komitmen. Itu akan sangat menentukan sekali bagaimana cara anda melihat masalah, mencari jalan keluar, mencari solusi, menginterpretasikan sebuah kejadian, dan kemudian membuat respons, termasuk cara peka terhadap sebuah situasi,” ujarnya dalam siaran pers hari ini, Kamis, 6 Juli.

Menurut Menkeu, BKF dapat memformulasikan suatu kebijakan fiskal yang baik, salah satunya mampu menciptakan dan memperluas kesempatan sektor industri di Indonesia, serta kebijakan mengenai perpajakan dan bukan pajak.

Bendahara negara juga mengingatkan, terdapat tiga fungsi utama dari kebijakan fiskal yang harus terus diperkuat, yaitu fungsi alokasi, distribusi, dan stabilisasi.

Disebutkan bahwa dalam Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara, dijelaskan bahwa fungsi alokasi dari APBN mengandung arti bahwa anggaran negara harus diarahkan untuk mengurangi pengangguran dan pemborosan sumber daya, serta meningkatkan efisiensi dan efektivitas perekonomian.

“Fungsi distribusi mengarah pada kebijakan anggaran negara harus memperhatikan rasa keadilan dan kepatutan. Fungsi stabilisasi mengandung arti bahwa anggaran pemerintah menjadi alat untuk memelihara dan mengupayakan keseimbangan fundamental perekonomian,” tuturnya.

Menkeu menghimbau kepada seluruh jajaran BKF untuk terus belajar dan memperbaiki kualitas diri pribadi dan organisasinya.

“Perjalanan republik itu identik dengan perjalanan Anda semua, mulai dari cara berpikir, melihat masalah, menganalisa, memformulasikan kebijakan, sangat-sangat menentukan,” ungkap dia.

Menkeu mengimbau, agar seluruh jajaran BKF dapat lebih berkontribusi kepada bangsa dengan memformulasikan kebijakan yang memiliki dampak yang sangat luas dalam menghadapi tantangan global seperti geopolitik, perubahan iklim dan digital teknologi, mulai dari sisi kebijakan, institusi, edukasi, market, infrastruktur, hingga pemerintahannya.

Sehingga menurutnya, sambung dia, BKF bisa mendefinisikan dan mendesain kebijakan fiskal yang lebih teratur, kredibel, berkualitas, serta menjawab tantangan jaman hari ini dan ke depan.

“Pesan saya gunakan wewenang anda ini untuk memberi yang terbaik bagi Indonesia. Ayo bersibuk-sibuk untuk ngomongin substansi, mikirin masa depan Indonesia, cari solusi, baca data, kontestasi antar pikiran, berkolaborasi dan sinergi,” katanya.

Di akhir Menkeu juga berpesan bahwa untuk membentuk Indonesia terus maju, adil, makmur, dan sejahtera, membutuhkan orang-orang yang memiliki skill yang memadai, visi yang luas, mental yang kuat, jiwa yang betul betul tidak pernah lelah mencintai Indonesia dan terus berprestasi.

“Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia dan kesejahteraan menjaga melindungi tanah tumpah darah dan bangsa Indonesia itu pekerjaan yang luar biasa penting dan mulia," ujarnya.

"Selamat ulang tahun untuk BKF yang ke 17. Banyak raihan yang telah dicapai dan itu boleh untuk membuat kita bangga prestasi, juga boleh membuat kalian untuk makin tegar dan kuat. Semoga Tuhan Yang Maha Esa selalu melindungi dan memberikan jalan yang mudah dan baik bagi anda semuanya untuk berkontribusi bagi Indonesia,” tutup dia.