Mengenal Y2K Fashion, Tren Berpakaian Era 2000-an yang Kembali Bersinar
Ilustrasi (Cottonbro/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Pernahkah Anda berharap bisa kembali ke masa lalu? Nah, fashion futuristik dan pecinta teknologi dari akhir 90-an dan awal 2000-an kembali untuk putaran kedua. Gaya khas ini merupakan perpaduan antara budaya pop dan kemajuan teknologi dari era milenium. Mulai dari bug Y2K pada tahun 1999 hingga peluncuran boneka Bratz pada tahun 2001, ada banyak pengaruh nostalgia yang hadir saat ini. 

Jika Anda merindukan kembalinya pakaian metalik dan baju olahraga velour, Anda beruntung, sebab fashion Y2K kembali.

Apa itu fashion Y2K?

Melansir The Trend Spotter, Selasa, 26 April, fashion Y2K sangat khas dan terinspirasi oleh pertengahan 90-an dan awal 2000-an ketika internet menjadi lebih populer atau masa di mana istilah dot-com sedang populer. Gaya ini biasanya cukup futuristik dengan sedikit sentuhan retro seperti pakain dengan bahan mengkilap, sepatu chunky, rok lipit, tas baguette, dan kacamata hitam berwarna-warni.

Dengan puncak besar dalam kemajuan teknologi, penonton optimis dan berhati-hati tentang masa depan, dan bagaimana hal itu dapat mengubah pola hidup. Perubahan ini juga datang dalam dunia musik, film, dekorasi, dan, tentu saja, mode. Beberapa pengaruh terbesar era ini juga dibawakan oleh tokoh-tokoh terkenal seperti Carrie Bradshaw, Bratz Dolls, dan film seperti The Matrix dan Mean Girls.

Mengapa fashion Y2K kembali?

Tidak mengherankan ketika kita melihat tren mode terbesar dari lingkaran dekade terakhir kembali dengan pandangan baru. Awal 2000-an yang sangat eksperimental, dan dipadukan dengan Gen Z dan Milenial yang juga ikut menyambut nostalgia era tersebut, menjadikan fashion Y2K kembali berada di tengah-tengah kehidupan modern. Beberapa bagian penting dari estetika Y2K yang biasanya sering kita lihat seperti jeans wide-leg, jaket mengkilap, kaos bayi, dan baju olahraga velour.

Ciri-ciri fashion Y2K

Baby T-shirt

Baby t-shirt yang tren di awal 2000-an kini kembali lagi. T-shirt ini punya model crop di atas pusar dan lebih pas di dada. Di t-shirt ini biasanya tertulis kutipan unik, karakter atau pola lucu di bagian depan, atau gambar merek Y2K yang ikonik seperti Fiorucci atau Juicy Couture. Baju ini cocok dipadukan dengan celana jins longgar, rok lipit, atau denim cutoffs.

Tas Baguette

Tas andalan di era 2000-an akhirnya kembali dengan ukuran lebih besar dari sebelumnya. Tas baguette yang ikonik adalah simbol dari fashion Y2K, berkat lonjakan popularitasnya oleh Carrie Bradshaw di Sex and the City. Tas kecil ini terletak di bawah lengan Anda dan merupakan aksesori sempurna untuk menemani keseharian Anda. 

Untuk nuansa nostalgia, Anda dapat memilih Louis Vuitton Pochette atau Fendi Baguette vintage. Warna pastel adalah pilihan yang bagus untuk pecinta fashion 90an dan 2000-an. Jika Anda lebih menyukai sentuhan futuristik, pilih tas dengan warna metalik dan bahan mengkilap yang cocok dengan hampir semua pakaian.

Pakaian tembus pandang

Akhir 90-an dan awal 2000-an adalah era eksperimental untuk fashion. Salah satu tren terbesar di era ini adalah pakaian tembus pandang yang dapat dikenakan dengan berbagai cara. Misalnya baby t-shirt berbahan mesh atau renda dengan bralette lucu di bawahnya. Untuk suasana yang lebih kasual, kenakan kemeja button-down transparan, dengan crop top dan celana panjang. Temukan pola dan warna yang Anda sukai dan bermainlah dengan imajinasi Anda.