Apa Itu Coquette Style yang Ramai di Kalangan Gen Z? Gaya Feminin dan Genit
Apa itu coquette style (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Tren coquette style tengah meramaikan media sosial TikTok. Banyak pengguna TikTok yang membagikan unggahan dengan istilah “coquette”. Postingan tersebut memperlihatkan dirinya tengah memakai pakaian dengan gaya hiper-feminin dan genit. 

Gaya fashion coquette sedang digemari oleh banyak perempuan Gen Z. Tren ini menular secara masif di media sosial yang membuat pengguna memakai coquette style. Bahkan per hari Selasa (2/4) lalu, tercatat ada 1,7 postingan di TikTok yang menggunakan tagar coquette. 

Coquette style dinilai sebagai penyegaran fashion di kalangan Gen Z. Namun sebenarnya gaya pakaian seperti ini bukanlah hal baru, melainkan sudah pernah ada di era terdahulu. Lantas apa itu coquette style dan kemunculan tren ini?

Apa Itu Coquette Style

Coquette memiliki arti ‘perempuan yang genit atau menggoda’, berdasarkan definisi Oxford Language. Coquette style digambarkan sebagai persona dari semua hal yang indah, feminin, dan mungil antara lucu atau kekanak-kanakan. 

Tren fashion coquette merupakan gaya berpakaian yang memadukan feminitas dan romantisasi vintage summer. Cara berpenampilan coquette akan memperlihatkan sisi hyper-femininity, kecantikan, dan nostalgia. 

Bagi generasi yang sudah dewasa atau berumur tua, tren coquette bukanlah hal baru. Tren ini pernah ada pada era Victoria Regency, namun kini terangkat kembali. Gaya fesyen ini kini digunakan oleh Gen Z sebagai penggambaran citra genit, lembut, dan hiper-feminin. 

Sejarah Coquette Style

Seperti pola tren fashion pada umumnya, coquette style juga merupakan perulangan dari gaya berpakaian era dulu. Gaya fesyen ini sudah digunakan sejak zaman Marie Antoinette berabad-abad lalu. Pada era Victoria Regency, orang-orang Eropa memiliki cara berpakaian seperti ini. 

Tren coquette kembali populer di awal tahun 2010-an dengan gaya baru. Para penggemar gaya fesyen ini memadukan tren tradisional dan modern secara bersamaan. Tren ini juga terinspirasi dari estetika dan subkultur Lolita Jepang, yang populer di tahun 1990-an dan 2000-an, serta kombinasi fesyen era Victoria dan Rococo. 

Seorang fashion stylist, Marisa Ledford, menilai bahwa outfit yang kerap dipakai penyanyi Lana Del Rey mungkin menginspirasi coquette pada Gen Z. Gaya berpakaian ini juga digemari seiring dengan meningkatkan kebiasaan belanja barang bekas dan barang antik. Tidak sedikit perempuan sekarang yang ingin tampil unik, berbeda, dan vintage. 

Namun dibalik kepopuleran tren coquette, terdapat polemik dalam gaya berpakaiannya. Para kritikus fesyen berpendapat bahwa gaya coquette menganggungkan elemen-elemen tertentu, termasuk infantilisasi perempuan. 

Selain itu, tren fesyen ini juga dinilai memuat unsur diskriminasi pada golongan tertentu. Secara historis, gaya berpakaian ini diadopsi oleh wanita kulit putih bertubuh kurus atau langsung. Seolah fashion ini tidak memberikan ruang bagi keragaman warna kulit dan bentuk badan. 

Contoh Coquette Style

Jika Anda sering melihat media sosial TikTok dan interest di niche fashion, mungkin akan kerap melihat unggahan coquette style akhir-akhir ini. Gaya fashion coquette memang terlihat unik, menarik, dan berbeda dengan cara berpakaian umumnya di era sekarang. 

Coquette style bisa dilihat dari penggunaan pakaian dengan warna-warna pastel dan permen yang manis. Selain itu, gaya coquette juga memakai fashion item sebagai aksesoris khas, seperti pita rambut, perhiasan emas, klip mutiara, kacamata berbentuk hati, dan lainnya. 

Tak cuma mengatur cara berpakaiannya, coquette style juga melibatkan bagian makeup atau riasan wajah. Tren fashion ini juga identik dengan pemakaian makeup yang selalu terlihat lembut, dewy, dan natural. 

Itulah ulasan dari apa itu coquette style yang sedang mewarnai dunia fashion akhir-akhir ini. Gaya fesyen era lama ini muncul kembali di kalangan Gen Z dan ramai bermunculan di TikTok. Coquette style memperlihatkan karakter hiper-feminin, lembut, namun sekaligus genit. Baca juga tren padu padan perhiasan saat lebaran.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.