Bagikan:

YOGYAKARTA – Bacaan Wirid yang dibaca setelah menunaikan ibadah sholat fardhu memiliki urutan sehingga pembacaannya tidak bisa dilakukan asal-asalan. Urutan bacaan wirid setelah sholat fardhu sendiri dimulai dari istighfar.

Artikel ini akan memberikan informasi terkait urutan bacaan wirid yang dibaca setelah sholat Subuh, Dzuhur, Ashar, Magrib, dan Isya.

Urutan Bacaan Wirid Setelah Sholat Fardhu

Dikutip dari NU Online Lampung, wirid adalah dzikir yang dibaca setelah sholat fardhu. Amalan ini sangat dianjurkan dilakukan oleh umat Islam setelah beribadah. Pembacaraan wirid pun memiliki urutannya tersediri yakni sebagai berikut.

  1. Membaca istighfar 3x

Wirid dimulai dengan membaca istighfar sebanyak tiga kali. berikut bacaan istighfar wirid lengkap dengan arab, latin, dan artinya.

أَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِـيْمَ الَّذِيْ لَااِلَهَ اِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّوْمُ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ

Astaghfirullaahal ‘adziim alladzii laaailaaha illaa huwal hayyul qoyyuum wa atuubu ilaih

Artinya:

"Aku memohon ampun kepada Allah yang maha agung, tiada Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah, dzat yang maha hidup kekal abadi dan terus menerus mengurus makhluknya tiada henti. Dan aku bertaubat kepada-Nya."

  1. Membaca Wirid Keselamatan 1x

Setelah bacaan istighfar selesai dibaca, lanjutkan dengan wirid untuk memohon keselamatan dengan bacaan sebagai berikut.

اَللَّهُمَّ أَنْتَ السَّلاَمُ وَمِنْكَ السَّلَامُ تَبَارَكْتَ يَا ذَاالْـجَلَالِ وَاْلإِكْرَام

Allaahumma antas salaam waminkas salaam wa ilaika ya’uudus salaam fahayyinaa robbanaa bis salaam wa adkhilnal jannata daaros salaam tabaarokta robbanaa wa ta’aalaita yaa dzal jalaali wal ikroom.

Artinya:

"Ya Allah, engkaulah Dzat yang memberi keselamatan (kesejahteraan), hanya darimu lah keselamatan (kesejahteraan) dan kepadamulah segala keselamatan (kesejahteraan) itu kembali. Maka hidupkanlah kami Ya Allah dengan selamat (sejahtera), masukkan kami ke dalam surga rumah keselamatan (kesejahteraan), Engkaulah Dzat yang berkah wahai Tuhan kami dan maha luhur Engkau, Ya Tuhan kami yang Dzat yang memiliki keagungan dan kemuliaan."

  1. Wirid Pujian 1x

Kemudian dilanjutkan dengan membacara wirid pujian sebanyak satu kali dengan lafal berikut ini.

اَللَّهُمَّ لَا مَانِعَ لِمَا أَعْطَيْتَ، وَلاَ مُعْطِيَ لِمَا مَنَعْتَ، وَلَا يَنْفَعُ ذَاالْجَدِّ مِنْكَ الْجَدُّ

Allahumma la mani a lima a thaita wa la mu’thiya lima mana’ta wa la yanfa’u dzal jadii minkal jaddu, la ilaha illa anta

Artinya:

"Ya Allah tidak ada yang menghalangi bagi apa yang telah Engkau berikan dan tidak kepada orang yang kaya di sisi Engkau segala kekayaannya selain dari kebesaran-Mu ya Rabb. Tidak ada Tuhan yang layak disembah selain Engkau."

  1. Wirid Memohon Bantuan 1x

Wirid ini dibaca sebagai salah satu bentuk memohon bantuan sekaligus bentuk syukur kepada Allah SWT. Berikut bacaannya.

اَللَّـهُمَّ اَعِنِّي عَلَى ذِكْرِكَ وَشُكْرِكَ وَحُسْنِ عِبَادَتِكَ

Allahumma a'inni 'ala dzikrika wasyukrika wa husni 'ibadatika.

Artinya:

"Ya Allah, bantulah aku untuk berdzikir dan bersyukur kepada-Mu serta beribadah kepada-Mu dengan baik."

  1. Wirid Pujian 3x

Setelah itu wirid dilanjutkan dengan membaca pujian yang ditujukan kepada Allah SWT. Berikut ini lafalnya.

لَاإِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيِيْ وَيُمِيْتُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْرٌ

Laaailaaha illallaah wahdahu laa syariikalah lahul mulku walahul hamdu yuhyii wayumiitu wahuwa ‘alaa kulli syai'in qodiir.

Artinya:

"Tiada Tuhan yang haq disembah kecuali Allah semata, tiada sekutu baginya. Hanya milikinya segala kerajaan dan hanya milikinya segala puji, baik yang hidup atau mati, Dialah Dzat yang kuasa atas segala sesuatu."

  1. Wirid Minta Perlindungan dari Api Neraka 3x

Setelah itu wirid dilanjutkan dengan meminta perlindungan dari api neraka. Dzikir ini dibaca sebanyak tiga kali.

اَللَّهُمَّ أَجِرْنِـى مِنَ النَّارِ

Alloohumma ajrinii minannaar

Artinya:

"Ya Allah, lindungilah aku daripada api neraka."

  1. Membaca Ayat Kursi 3x

Dilanjutkan dengan membaca ayat kursi secara lengkap. Ayat ini selalu dibaca setelah wirid setelah sholat fardhu.

 اَللهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَّلَانَوْمٌ، لَهُ مَافِي السَّمَاوَاتِ وَمَافِي اْلأَرْضِ مَن ذَا الَّذِيْ يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَابَيْنَ أَيْدِيْهِمْ وَمَاخَلْفَهُمْ وَلَا يُحِيْطُونَ بِشَيْءٍ مِّنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَآءَ، وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضَ وَلَا يَـؤدُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيْمُ.

Allāhu lā ilāha illā huw, al-ḥayyul-qayyụm, lā ta`khużuhụ sinatuw wa lā na`ụm, lahụ mā fis-samāwāti wa mā fil-arḍ, man żallażī yasyfa'u 'indahū illā bi`iżnih, ya'lamu mā baina aidīhim wa mā khalfahum, wa lā yuḥīṭụna bisyai`im min 'ilmihī illā bimā syā`, wasi'a kursiyyuhus-samāwāti wal-arḍ, wa lā ya`ụduhụ ḥifẓuhumā, wa huwal-'aliyyul-'aẓīm

Artinya:

"Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa'at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.”

  1. Membaca Tiga-Qul masing-masing 3x

Setelah Ayat Kursi, wirid dilanjut membaca tiga qul yakni Al-Ikhlas, Al-Falaq, An-Nas, dan Al-Fatihah. Masing-masing surah dibaca tiga kali.

  1. Membaca wirid pendek

Yang terakhir, wirid dilakukan dengan membacara dzikir pendek seperti Tasbih, Hamdalah, dan Takbir masing-masing sebanyak 33x.

  1. Membaca Doa

Setelah wirid selesai dianjurkan untuk membaca doa kepada Allah SWT. Doa dibaca sesuai kemampuan atau bisa juga sesai anjuran.

Itulah urutan bacaan wirid setelah sholat fardhu. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.