Sholawat Nuril Anwar dan Artinya: Bacaan Latin dan Tulisan Arabnya
Ilustrasi sholawat Nuril Anwar (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Umat muslim dianjurkan untuk melantunkan sholawat sebagai doa sekaligus pujian kepada nabi. Salah satu bacaan yang perlu diamalkan oleh umat Islam adalah sholawat Nuril Anwar. Sholawat ini memiliki keutamaan bagi orang yang mengamalkannya. 

Perintah untuk bersholawat termuat dalam Al-Qur’an surah Al Ahzab ayat 56 yang berbunyi: 

إِنَّ ٱللَّهَ وَمَلَٰٓئِكَتَهُۥ يُصَلُّونَ عَلَى ٱلنَّبِىِّ ۚ يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ صَلُّوا۟ عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا۟ تَسْلِيمًا

Artinya: "Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikatNya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bersholawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya."

Sholawat Nuril Anwar adalah karya ulama besar bernama Syekh Ahmad Al-Badawi, seorang wali qutub pada zamannya. Sholawat ini juga sering disebut dengan Sirril Asrar. Bacaan sholawat ini dapat dijadikan amalan bagi umat Muslim untuk meminta berkah dan perlindungan kepada Allah SWT serta memuliakan Rasulullah SAW. 

Bacaan Sholawat Nuril Anwar

Berikut ini bacaan sholawat Nuril Anwar, tulisan Arab, serta artinya:

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى نُوْرِ اْلاَنْوَارِ وَسِرِّ اْلاَسْرَارِ وَتِرْيَاقِ اْلاَغْيَارِ وَمِفتَاحِ بَابِ الْيَسَارِ سَيِّدِنَا وَمَوْلاَنَا مُحَمَّدِ نِالْمُخْتَارِ وَالِهِ اْلاَطْهَرِ وَاَصْحَابِهِ اْلاَخْيَارِ عَدَدَ نِعَمِ اللهِ وَاِفضَالِهِ

Arab latin: Allahumma shalli 'alaa nuuril anwaari wasirril asraari watiryaail aghyaari wamiftaahi baabil yasaari sayyidinaa muhammadinil mukhtaari wa'aalihil ath-haari wa-ashaabihil akhyaari 'adadani'amillaahi waifdhaalih

Arti: "Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada cahaya dari segala cahaya, rahasia dari segenap rahasia, penawar duka dan kebingungan, pembuka pintu kemudahan, yakni junjungan kami Nabi Muhammad SAW yang terpilih, keluarganya yang suci dan para sahabatnya yang mulia sebanyak hitungan nikmat Allah dan karunia-Nya."

Keutamaan Membaca Sholawat Nuril Anwar

Arti dari sholawat dari segi bahasa adalah doa, memberi berkah, dan ibadah. Seperti disebutkan dalam buku Kumpulan Shalawat Nabi Super Lengkap yang disusun oleh Ibnu Watiniyah, makna sholawat secara istilah adalah ungkapan kekaguman, sanjungan, serta permohonan seorang hamba kepada Allah SWT untuk memuliakan Rasulullah SAW. 

Amalan sholawat bisa menjadi ibadah yang mempunyai keistimewaan dan mengubungan secara ruhaniyah dan jasadiyah dengan sosok Nabi Muhammad SAW sebagai sentral kemanusiaan. 

Sholawat Nuril Anwar sering dilantunkan atau didawamkan oleh banyak orang sampai sekarang. Bacaan sholawat ini memiliki keutamaan yang luar biasa bagi umat Muslim yang membacakannya. Anda bisa membacakan sholawat ini sewaktu-waktu, misalnya setiap selesai sholat fardhu, sehari semalam, sebelum tidur, dan waktu lainnya. 

Dalam buku Syariat Bershalawat karya Muhammad Habib Musthofa (2020), Sayyid Ahmad Al Badawi mengatakan banyak dari ahli makrifat yang menyebut sholawat Nuril Anwar mujarab untuk meraih hajat dan menghilangkan berbagai hambatan atau kesusahan. 

Mengutip dari buku Mukjizat Sholawat yang ditulis oleh Habib Abdullah Assegaf, berikut ini beberapa keutamaan dari sholawat Nuril Anwar:

  • Membacakan sholawat Nuril Anwar sebanyak 100 kali sehari semalam dapat memberikan keutamaan diberi rezeki lahir dan batin
  • Sholawat Nuril Anwar bisa dibacakan sebagai amalan untuk penolak bala atau bencana
  • Melantunkan sholawat Nuril Anwar setelah salat fardhu bisa menghindarkan dari segala bahaya dan diberi kelancaran rezeki
  • Membacakan sholawat Nuril Anwar sebanyak 7 kali saat sebelum tidur niscaya dapat memberikan perlindungan dari sihir orang jahat atau gendam
  • Sholawat Nuril Anwar dibacakan sebanyak 21 kali setiap sebelum berangkat kerja dapat membantu seseorang yang ingin mendapat jabatan atau kedudukan tinggi

Demikianlah bacaan sholawat Nuril Anwar dan artinya yang perlu dipahami oleh umat Muslim. Sholawat Nuril Anwar menjadi salah satu amalan bagi umat Islam dalam meminta perlindungan dan berkah dari Allah SWT, serta memuliakan Rasulullah SAW. Baca juga bacaan Maulid Simtudduror dan artinya.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan kabar terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.