Bagikan:

YOGYAKARTA – Dzikir setelah sholat fardu merupakan salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Perintah untuk berdzikir termaktub dalam Alquran, tepatnya dalam surat Al-Ahzab ayat 21. Adapun bunyinya sebagai berikut:

لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِيْ رَسُوْلِ اللّٰهِ اُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِّمَنْ كَانَ يَرْجُوا اللّٰهَ وَالْيَوْمَ الْاٰخِرَ وَذَكَرَ اللّٰهَ كَثِيْرًاۗ

Artinya: “Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kimat dan dia banyak menyebut Allah”.

Bacaan Dzikir Sholat Lima Waktu Beserta Artinya

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini merupakan urutan bacaan dzikir yang dapat diamalkan setelah menjalankan sholat fardu atau sholat wajib:

1. Membaca istighfar

Sebelum melafalkan bacaan dzikir, dianjurkan membaca istighfar sebanyak tiga kali

أَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِـيْمِ

Arab Latin: “Astaghfirullah hal ‘adzim."

Artinya: “Aku memohon ampun kepada Allah yang Maha Agung.”

2. Selanjutnya membaca:

اَللّهُمَّ اَنْتَ السَّلاَمُ وَمِنْكَ السَّلاَمُ تَبَارَكْتَ يَاذَاْلجَلاَلِ وَاْلاِكْرَامِ

Arab Latin Latin: “Allahumma anta assalaam, wa minka assalaam, tabaarakta yaa dzal jalaali wal ikraam.”

Artinya: “Ya Allah, Engkau Mahasejahtera, dan dari-Mu kesejahteraan, Mahasuci Engkau, wahai Rabb Pemilik keagungan dan kemuliaan."

3. Berikutnya, dilanjutkan membaca:

 اللَّهُمَّ لَا مَانِعَ لِمَا أَعْطَيْتَ، وَلَا مُعْطِيَ لِمَا مَنَعْت، وَلَا يَنْفَعُ ذَا الْجَدِ مِنْكَ الْجَدُّ

Arab Latin: “Allahumma laa maani'a limaa a'thaita wa laa mu'thiya limaa mana'ta wa laa dzal jaddi minka aljaddu.”

Artinya: “Ya Allah, tidak ada yang men- cegah apa yang Engkau beri dan tidak ada yang memberi apa yang Engkau cegah. Tidak berguna kekayaan dan kemuliaan itu bagi pemiliknya dari (siksa)-Mu." (Dari al-Mughirah bin Syu'bah, HR Bukhari, Muslim, Abu Dawud, Ahmad, an-Nasa'i, Ibnu Khuzaimah, & ad-Darimi).

4. Selanjutnya, membaca tasbih, tahmid, dan takbir masing-masing sebanyak 33 kali. Adapun bunyi lafalnya sebagai berikut:

سُبْحَانَ اللهِ

Arab Latin: Subhaanallah

Artinya: “Maha Suci Allah”

الْحَمْدُ لِلَّهِ

Arab Latin: “Alhamdulillah

Artinya: “Segala puji bagi Allah”

اللهُ أَكْبَرُ

Arab latin: “Allahu Akbar.”

Artinya: “Allah maha besar”

5. Setelah itu, membaca tahlil:

لا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِير

Arab Latin: “Laa ilaaha illa Allahu wahdahu laa syariika lahu lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa 'ala kulli syai'in qadiir.”

Artinya: "Tidak ada tuhan yang berhak diibadahi dengan benar melainkan hanya Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya, bagi kerajaan, bagi-Nya segala puji. Dialah Yang Mahakuasa atas segala sesuatu." (Hadis riwayat Muslim, Ahmad, Ibnu Khuzaimah & Baihaqi)

6. Dilanjutkan membaca sayidul istighfar. Bunyi bacaannya sebagai berikut:

اَللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ أَنْتَ، خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ، وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ، أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ، وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ فَاغْفِرْ لِيْ فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلاَّ أَنْتَ

Arab latin: “Allahumma anta rabi, laa ilaaha illaa anta khalaqtanii wa ana 'abduka, wa ana 'alaa 'ahdika wa wa'dika mastatha'tu, wa a'uudzubika min syarri maa abuu'u laka bi dzanbi faghfirlii innahu laa yaghfirudz dzunuuba illaa anta.”

Artinya: “Ya Allah Engkau adalah Tuhanku, tidak ada sesembahan yang hak kecuali Engkau. Engkau yang menciptakanku sedang aku adalah hamba-Mu, dan aku di atas ikatan janji-Mu (yaitu selalu menjalankan amal ketaatan kepada-Mu) dengan semampuku. Aku berlindung kepada-Mu dari segala kejahatan yang telah aku perbuat, aku mengakui-Mu atas nikmat-Mu terhadap diriku, dan aku mengakui dosaku pada-Mu, maka ampunilah aku. Sesungguhnya, tiada yang bisa mengampuni segala dosa kecuali Engkau."

7. Membaca doa-doa yang dibutuhkan

Doa yang dipanjatkan antara lain doa kepada orang tua, doa meminta ilmu yang bermanfaat, doa meminta rezeki yang cukup dan lain sebagainya.

Demikian informasi tentang bacaan dzikir setelah sholat lima waktu. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.