Tren Pasmina Model Plisket, Ketahui Sejarah dan Cara Memakainya
Ilustrasi kerudung pasmina model plisket (Sumber: Culturehijab)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Salah satu yang penting dimiliki perempuan berhijab ialah pasmina. Pasmina merupakan kain berbentuk persegi panjang, rata-rata ukuran 160x50 sentimeter yang tidak hanya digunakan untuk kerudung, tetapi juga selendang. Nah, untuk menyambut bulan Ramadan, Anda tentu mencari-cari fashion paling tren. Pasmina dengan model plisket, ialah salah satu jenis kerudung yang digemari.

Paling menyenangkan, model pasmina ini tidak mudah kusut. Berkali-kali dicuci asalkan dilipat dengan baik, lipatan garis-garisnya tidak akan hilang.

Model plisket tidak hanya dikenakan untuk kerudung saja. Bahkan rok plisket juga sempat populer hingga saat ini. Mayoritas dikenakan untuk pakaian semi formal hingga formal. Namun tidak menutup kemungkinan dipakai untuk acara santai karena mudahnya dipadu-padankan dengan outfits lainnya.

kerudung pasmina model plisket
Ilustrasi kerudung pasmina model plisket (Sumber: Culturehijab)

Motif lipatan ini, berawat dari seni melipat kain. Dulu hanya menjadi aktivitas kaum elit saja. Hingga saat ini, motif plisket meluas dan jadi populer bisa dikenakan oleh masyarakat luas.

Pada era Mesir kuno, motif plisket hanya dikenakan oleh orang-orang kerajaan. Mengutip dari Thread Stories, Senin, 18 Maret, motif ini dipakai pada tunik dan gaun. Berdasarkan dokumentasi sejarah lainnya, motif pleats atau plisket juga dikenakan Ratu Elizabeth I dengan potongan kerah beraksen lipatan atau dikenal dengan ruff.

Betapa sulitnya proses membuat pakaian jaman dahulu kala karena dikerjakan manual hand made. Lipatan pleats biasa diaplikasikan untuk kain sutra, katun, dan wol. Kain tersebut dicelupkan dalam getah yang dicairkan dan dilipat satu per satu. Supaya lipatan menjadi solid, dirapikan dengan setrika ukuran besar. Setelah terbentuk rapi, bisa dikenakan dan menyimbolkan kemewahan serta kekuasaan pada masa itu. Sayangnya, setelah dipakai lipatan akan memudar. Jadi, kalau akan memakai model yang sama, harus diproses ulang supaya rapi.

Rok plisket juga dikenakan oleh tentara Yunani kuo sekitar abad ke-3 SM. Seragam tersebut dinamakan Fustanella yang dirancang untuk menunjukkan kekuatan dan kehebatan tentara.

Beranjak ke era modern, model pakaian pleats lekat dengan desain pakaian milik Mariano Fortuny. Desainer asal Spanyol ini mematenkan motif buatannya dengan nama Delphos. Gaun berbahan sutra halus karyanya, menggambarkan siluet tubuh. Namun sayang, lipatan tidak bisa paten. Berbeda dengan saat ini, kemutakhiran teknik dan proses membuat model plisket jadi populer dan tidak mudah pudar lipatannya.

kerudung pasmina model plisket
Ilustrasi kerudung pasmina model plisket (Pinterest/Pauline)

Termasuk salah satu yang bisa Anda pakai, yaitu untuk kerudung. Lantas bagaimana cara memakai kerudung pasmina plisket supaya terlihat stylish? Berikut cara dan langkahnya.

1. Gantungkan satu sisi pada pundak

Langkah ini mungkin tak asing, karena banyak diaplikasikan dalam memakai pasmina plisket. Setelah rapi membingkai wajah, dua sisi yang menggantung angkat atau sampirkan pada salah satu pundak. Cara ini mengatasi ketika tak simetris. Supaya lebih rapi, jangan lupa kenakan ciput.

2. Lilit leher dan sisakan menggantung pada satu sisi

Supaya enggak ribet dan terlihat atraktif, Anda bisa memakai pasmina plisket dengan melilitkan pada leher. Sisakan sepanjang dua jengkal untuk digantungkan ke depan dari arah belakang.

3. Dua sisi pasmina menggantung ke depan

Seperti memakai syal, pasmina plisket juga bisa terlihat feminin sekaligus jadi penghangat. Cara memakai pasmina plisket yang ketiga, bisa dililit ke belakang kemudian tarik ke depan. Biarkan dua sisinya menggantung dan membentuk gadis vertikal.

4. Menutup sebagian bagian depan

Buat Anda yang ingin terlihat elegan, cara ini bisa dilakukan. Caranya seperti langkah pertama, tetapi bagian yang digantungkan letakkan pada bagian dalam. Bagian luarnya bisa dibuat lebar sehingga menutup sebagian bagian dada.

5. Diikat sederhana

Untuk tampilan rapi namun sederhana, Anda bisa memakai pasmina plisket dengan cara ini. Yaitu dengan merekatkan bagian tengah, lalu tarik kedua sisinya ke belakang. Dua sisi tersebut bisa diikat serapi mungkin hingga tak mudah lepas.

Itulah kelima cara memakai pasmina plisket yang mudah diaplikasikan. Jika Anda menginginkan style yang lain, bisa mengeksplorasi cara mengikat dan membuat aksen cantik dengan kedua sisi pasmina.