Menurut Ahli Fashion, Ini Gaya Vintage yang Tren Tahun 2024
Ilustrasi gaya fashion vintage yang tren tahun 2024 (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Fashion bergaya vintage tren yang tidak pernah padam. Bahkan setahun ke depan, menurut pakar fashion, diperkirakan akan mendominasi dengan pendekatan yang inovatif. Kembalinya gaya busana era 50-an dan 80-an, mungkin tak heran. Pasalnya, banyak rumah mode menciptakan dan memamerkan gaya ikonik ini.

Pasar gaya busana vintage mungkin didominasi fesyen Y2K, melansir Vogue, Rabu, 3 Januari. Menurut pendiri Nina Gabbana Vintage, Marie Laboucarié, mungkin setahun ke depan pengaruh vintage akan bergema dengan tidak banyak rok mini dipasangan dengan atasan konservatif. Orang akan lebih tertarik mengenakan pakaian vintage yang lebih panjang dan fokus pada aksen bahu yang kuat. Misalnya, produk jas hingga jaket bomber dari Yves Saint Laurent, Thierry Mugler, dan Alaïa.

Kebangkitan gaya busana tahun 50-an di era terkini, berkat The New Look. Alexis Novak, pendiri Tab Vintage mengatakan, “Saya melihat banyak gaya tahun 50-an muncul di dunia peragaan busana modern, yang biasanya mencerminkan permintaan yang kita dapatkan di dunia vintage.”

gaya vintage yang tren tahun 2024
Ilustrasi gaya vintage yang tren tahun 2024 (Freepik/maryamarkevich)

Menurut perkiraan Novak, akan lebih banyak gaya busana ultra-feminin dengan pola-pola menakjubkan, kain-kain elegan, dan tampil baru. Gaya busana lebih tertutup juga erat kaitannya dengan budaya berpakaian nine-to-five. Maka secara kreatif nuansa busana vintage diperkaya dengan aksesori dan gaya yang sangat modern.

gaya vintage yang tren tahun 2024
Ilustrasi gaya vintage yang tren tahun 2024 (Freepik)

Gaun lama bermotif yang dipakai Natalie Portman di Met Gala contohnya. Gaun indah ini mencuri fokus karena tampak “besar” dan potongannya menonjol. Dengan begitu, sentuhan aksen vintage membuat pemakainya terlihat cantik dan sempurna.

Lebih detail lagi, gaya vintage menambahkan aksesoris yang ikonik. Seperti memadukan pakaian sleeveless dengan sarung tangan panjang hingga lengan. Ditambah lagi hats yang bertepi besar untuk melindungi wajah namun terlihat elegan. Melansir Harper Bazaar India, dress sweater yang popular tahun 90-an, menjadi bagian tampil modis banyak orang setahun ke depan.

gaya vintage yang tren tahun 2024
Ilustrasi gaya vintage yang tren tahun 2024 (Freepik/halayalex)

Kalau Anda suka dengan riasan wajah, bulu mata berwarna juga patut dijadikan pertimbangan untuk memakai kembali nuansa fashion vintage. Riasan yang pertama kali popular tahun 50-an ini, membuat penampilan terlihat menonjol. Nah, untuk motif busana, motif psikedelik juga diperkirakan mewarnai gaya di banyak momen fashion tahun ini.