Bagikan:

YOGYAKARTA – Anak muda nampaknya tengah menggandrungi blokecore fashion. Fashion ini tidak hanya populer di Inggris dan beberapa negara di Eropa, di Indonesia pun blokecore mulai digandrungi. Bagi Anda yang belum sepenuhnya mengenal blokecore fashion, simak artikel berikut ini.

Mengenal Blokecore Fashion

Blokecore fashion adalah mode pakaian yang dilakukan dengan memadukan atasan jersey dengan bawahan kasual. Jersey yang dikenakan pun bebas, bisa jersey sepak bola, basket, baseball, dan sebagainya sesuai selera. Sedangkan bagian bawahan biasanya mengenakan jeans atau celana kasual lain dengan dipadukan sneakers.

Tujuan yang ingin dicapai dengan gaya pakaian blokecore adalah agar terkesan sporty, sederhana, dan cuek. Disebut cuek karena gaya pakaian ini cenderung menabrakkan warna dan konsep pakaian yang dikenakan.

Sejarah blokecore fashion sendiri mulai populer karena sebuah video yang diunggah Brandon Huntly di media sosial TikTok. Namun, pada dasarnya tren blokecore fashion sebenarnya menjadi gaya pakaian para pria public house (PUB) di Inggris, dilansir dari Grazia Magazine.

Para PUB Inggris memang sebagian besar tidak memiliki ketertarikan terhadap gaya busana. Sebaliknya, mereka akan memanfaatkan PUB yang dikunjungi untuk menonton sepak bola. Dan sebagai dukungan, para pria mengenakan jersey klub kesayangan masing-masing. Sedangkan bagian bawahan yang dikenakan tergantung apa yang mereka miliki.

Namun belakangan blokecore semakin populer bahkan merebak di Indonesia setelah TikToker Brandon Huntly mengunggah video yang memperlihatkan ia mengenakan outfit jersey sepak bola dengan paduan jeans straight-leg, serta sepatu Adidas kusam. Pakaiannya memang terkesan cuek dan sangat biasa, namun di situlah esensinya.

Keunggulan Blokecore Fashion

Blokecore fashion makin digemari bukan tanpa alasan. Gaya berbusana tersebut punya beberapa kelebihan yakni sebagai berikut.

  1. Mudah dan Praktis

Kemudahan dan kepraktisan dalam berpakaian model blokecore jadi nilai tambah. Pemakai tak perlu memikirkan detil yang kadang menguras waktu dan pikiran. Cukup padukan tiga item yakni jersey, heans, dan sneakers yang cocok. Simak jenis sepatu pria yang cocok untuk jalan-jalan untuk membantu mendapatkan ide.

  1. Biaya yang Dibutuhkan Tak Mahal

Blokecore fashion tak butuh outfit mahal. Bahkan Anda bisa menggunakan jersey Timnas Indonesia  atau milik klub dalam negeri yang lebih terjangkau. Namun jika ingin lebih elegan, pilih jersey sepak bola Eropa bergaya vintage.

  1. Tak Pandang Gender

Gaya pakaian ini juga tak pandang gender alias unisex sehingga memungkinkan untuk ditiru oleh siapapun, tak peduli gender, ukuran tubuh, warna kulit, dan sebagainya.

Tips Berpakaian Blokecore Fashion

Bagi Anda yang ingin mencoba blokecore fashion, ada beberapa tips yang bisa diikuti agar gaya semakin ciamik. Beberapa tips ini akan menekankan pada tema baju hingga pemilihan ukuran.

  1. Hindari jersey yang terlalu oversize karena akan terkesan hip-hop
  2. Desain jersey retro atau vintage sangat direkomendasikan
  3. Kenakan jeans jenis baggy jeans atau straight jeans
  4. Jangan lupa mengenakan sneakers sporty atau kasual
  5. Boleh menambahkan topi, sesuaikan dengan jersey

Selain mengenal blokecore fashion, kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.