Tampil Gaya Sambil Lestarikan Budaya Pakaian Khas Indonesia Bersama Shopee 17.8 Festival Pilih Lokal
Foto: Dok. Shopee

Bagikan:

JAKARTA - Budaya adalah kekayaan yang lekat dengan negara Indonesia. Negara kepulauan yang membentang dari Sabang sampai Merauke, Indonesia memiliki lebih dari 300 suku bangsa yang masing-masing memiliki tradisi dan kebudayaan berbeda, mulai dari perbedaaan bahasa, budaya, adat istiadat, hingga kesenian yang khas dan memiliki makna tertentu. Maka, sepatutnya kita sebagai anak bangsa dan generasi muda untuk ikut melestarikan harta budaya yang tak ternilai harga nya ini.

Beruntungnya, saat ini di generasi muda sudah semakin terdorong dalam melestarikan budaya Indonesia yang salah satunya terlihat dari tren fashion yang muncul di tengah masyarakat. Gaya berpakaian yang memadupadankan pakaian tradisional khas Indonesia dengan pakaian kasual sehari-hari mulai menjadi gaya yang dipilih sebagai gaya berpakaian sebagian masyarakat, misalnya seperti tren Berkain.

Tren ini menciptakan gaya fashion yang memadukan kain tradisional Indonesia dengan atasan atau bawahan yang modern, seperti t-shirt dengan kain batik asal suku Jawa. Tren Berkain ini membuktikan bahwa masyarakat bisa bebas berkreasi menggunakan desain tradisional yang estetik dengan paduan fashion item yang modern.

Tren padu padan pakaian seperti ini juga disemarakkan oleh berbagai artis dan influencer tanah air yang sering mengunggah outfit casual yang dipadukan dengan pakaian tradisional Indonesia. Selain melestarikan budaya, ternyata memakai pakaian tradisional khas Indonesia juga dapat membuat tampilan menjadi penuh gaya sambil tentunya ikut mendukung produk lokal hasil karya anak bangsa. Merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-78 ini bisa menjadi momen yang tepat untuk masyarakat tampil penuh gaya sambil menjaga budaya bangsa.

Tapi bingung mau memulai dari mana? Nah, simak inspirasi outfit yang bisa diciptakan dalam perpaduan tradisional dan modern yang bisa kamu kreasikan melalui kampanye Shopee 17.8 Festival Pilih Lokal kali ini sebagai ide untuk tampil penuh gaya di Hari Kemerdekaan Indonesia!

1) Tampil kasual dan stylish dengan Batik

Batik bisa menjadi pilihan trendy untuk mix and match antara item pakaian yang modern dan gaya tradisional. Motif dan warna batik yang beragam sangat cocok untuk dipadukan dengan fashion item lain, terutama yang bermotif polos. Batik juga salah satu item tradisional yang terlihat simpel sehingga tepat dipilih untuk kamu yang baru mau mencoba padu padan gaya seperti ini. Apalagi saat ini juga sudah banyak batik dengan bentuk dan model yang lebih modern.

Salah satu inspirasi outfit look yang bisa kamu gunakan adalah perpaduan atasan batik dengan bawahan rok atau celana polos, bahkan yang berbahan jeans. Kamu bisa coba gunakan dan padukan batik dengan berbagai pilihan jeans dari Edwin Jeans untuk berbagai look yang bisa kamu create, mulai dari yang klasik, simpel, hingga formal look baik untuk pria maupun wanita.

2) Lengkapi outfit polos dengan Kain Indonesia, cocok dikenakan di berbagai suasana

Siapa yang tidak tahu tren Berkain? Banyak orang sudah mencoba nya, tapi kamu masih belum menemukan cara padu padan yang tepat? Kamu bisa mulai dengan yang simpel terlebih dahulu seperti Obi Belt, yaitu aksesoris fashion pelengkap dengan motif kain tenun khas Indonesia yang dililitkan seperti ikat pinggang pada pakaian.

Obi belt dapat mempercantik tampilan outfit polos yang kamu punya, seperti dress polos maupun kemeja polos dari Cotton Ink. Selain obi belt, kain tenun juga bisa dijadikan sebagai bawahan rok lilit yang cocok dipadukan dengan berbagai opsi atasan modern, seperti berbagai tanktop dan atasan polos dari 3Mongkis.

3) Berbagai model fashionable Kebaya, pilihan tepat tampil cantik dan anggun

Kebaya selalu sukses mengikuti perkembangan zaman. Bukan hanya kebaya modern yang khas dengan warna polos dan desain simpel, sekarang kabaya memiliki motif yang semakin kekinian. Berbagai brand lokal kini telah menyediakan pilihan batik unik yang bisa membuat kamu tampil stand out dan elegan dengan corak indahnya, salah satunya adalah Sejauh Mata Memandang.

Pilihan kebaya dari brand ini bisa jadi andalan untuk memadu padankan gaya pakaian tradisional dengan sentuhan modern yang cocok untuk digunakan di mana saja, baik untuk acara formal di kantor maupun bertemu dengan kerabat. Berbagai pilihan model kebaya Sejauh Mata Memandang yang dapat kamu padukan dengan kain, jeans, bawahan hitam atau putih polos sebagai outfit keseharianmu.

Jadi sudah tahu gaya apa yang cocok dengan dirimu? Yuk, ciptakan dan kreasikan gayamu sambil melestarikan tradisi dan budaya bersama brand-brand lokal ternama di Shopee 17.8 Festival Pilih Lokal.

Berlangsung hingga 17 Agustus 2023, Shopee menghadirkan rangkaian keseruan dan penawaran brand lokal terbaik agar pengguna bisa tampil percaya diri dengan preferensi masing-masing dalam menciptakan perpaduan gaya tradisional dan modern, antara lain Gratis Ongkir 100RB Se-Indonesia, Flash Sale 17RB, dan Voucher Diskon 17RB.

Daniel Minardi, Head of Brands Management & Digital Products Shopee Indonesia, menyatakan, pakaian tradisional adalah harta budaya Indonesia yang berharga. Bukan hanya indah, pakaian tradisional tidak lekang oleh waktu dan selalu modis untuk dipandang.

"Kami sangat mengapresiasi gerakan masyarakat yang semakin gemar melestarikan pakaian tradisional melalui perpaduan dengan fashion item modern sehingga dapat digunakan untuk sehari-hari. Dengan adanya tren dan respon yang tinggi ini, berbagai brand lokal pun bermunculan dengan keunikannya masing-masing. Maka itu, lewat kampanye Shopee 17.8 Festival Pilih Lokal ini, kami sangat senang dapat berkolaborasi bersama berbagai brand lokal seperti dalam kemeriahan kampanye Shopee 17.8 Festival Pilih Lokal melalui rangkaian produk mereka untuk menunjukkan kehebatan produk lokal dan mengajak masyarakat untuk melestarikan serta mendukung karya anak bangsa yang luar biasa ini," jelas Daniel.