7 Tips Memadukan Celana Jeans <i>High Waist</i> untuk Tampil Kekinian
Ilustrasi tips memadukan celana jeans high waist untuk tampil kekinian (Freepik/prostooleh)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Celana jeans high waist atau berpinggang tinggi hampir semua pilihan gaya bisa memakainya. Bahkan bisa dipakai berbagai bentuk tubuh, termasuk curvy. Model celana ini juga sering dikenal sebagai high-rise jeans yang ukurannya mengecil dan jatuh di atas pusar. Kalau secara spesifik, model celana ini menghasilkan siluet jam pasir yang fokus pada pinggang sehingga garis panggul dan payudara terlihat penuh.

Model celana ini menawarkan cakupan tinggi dibadingkan dengan low-rise dan merupakan gaya jeans populer pada tahun 80-an hingga 90-an. Jeans berpinggang tinggi juga banyak variasinya. Mulai dengan potongan flare, boot cut, wide leg, dan skinny leg. Untuk memakai celana model ini, berikut tips memadukan celana jeans high-waist agar tampil kekinian.

1. Pilih atasan yang tepat

Jeans berpinggang tinggi dimaksudkan untuk memamerkan pinggang. Jadi Anda bisa memilih berbagai model atasan yang tepat. Misalnya atasan crop top, kemeja yang dimasukkan dan menampilkan pinggang ramping. Bisa juga dipadukan dengan cardigan panjang, blazer, trench coat, dan outer lainnya.

tips memadukan celana jeans high waist
Ilustrasi tips memadukan celana jeans high waist untuk tampil kekinian (Freepik/Diana.grytsku)

2. Ciptakan tampilan edgy

Untuk menampilkan tampilan klasik namun berkelas, Anda bisa memilih mengenakan celana jeans high waist. Untuk tampil edgy, kenakan jeans boot cut dengan sepatu boot platform. Bisa dilengkapi dengan atasan kaos atau tank top serta lengkapi dengan jaket kulit. Sebagai alternatif, bisa juga memilih skinny jeans berpinggang tinggi yang dipadukan dengan sepatu bot bawah lutut.

3. Padukan dengan kemeja dan sepatu pantofel untuk tampilan formal

Celana jeans berpinggang tinggi, bisa juga mengesankan tampilan formal kalau dipadukan dengan atasan yang tepat. Seperti memadukannya dengan kemeja dan alas kaki pantofel, sehingga dari kedua perpaduan ini pantas untuk hadir di acara formal.

Alternatifnya, padukan jeans high-waisted Anda dengan stiletto, sepatu platform tinggi, atau sepatu flat yang elegan. Cobalah blus cropped off-the-shoulder dengan celana denim gelap berpinggang tinggi untuk pakaian kencan malam. Hiasi dengan kalung yang berkilau atau anting-anting yang mencolok.

tips memadukan celana high waist
Ilustrasi tips memadukan celana jeans high waist untuk tampil kekinian (Freepik/prostooleh)

4. Dapatkan ukuran yang pas

Paling cakep, celana berpinggang tinggi memiliki ukuran yang pas dengan tubuh. Enggak kebesaran pun enggak bikin sesak napas. Jadi, pilih kain bahan jeans yang stretch atau melar agar lebih nyaman. Penting lagi, pilih celana yang fit pada paha dan sesuaikan inseam atau keliman celana disesuaikan dengan tinggi serta bentuk tubuh Anda.

5. Pas dipakai di acara santai

Celana jeans berpinggang tinggi adalah gaya full-coverage yang kasual dan disukai banyak orang. Untuk acara santai, padukan dengan sweter longgar. Bisa diselipkan ke dalam celana jins bersama sepatu kets putih menciptakan ansambel kasual. Dalam cuaca hangat, ganti sweter dengan kaus putih polos atau kaus bergambar dan sandal.

tips memadukan celana jeans high waist
Ilustrasi tips memadukan celana jeans high waist untuk tampil kekinian (Freepik/prostooleh)

6. Perhatikan panjangnya

Celana jeans high waist tersedia dalam berbagai potongan panjang. Mulai dari cropped flare hingga full-length dan straight-leg. Jadi, sebelum membeli atau memakainya, pilih potongan panjang yang pas sesuai tinggi Anda.

Bagi Anda yang bertubuh mungil, potongan celana high waist mungkin membuat penampilan terlihat jadi semakin mungil. Jadi perlu dipadukan dengan atasan yang pas untuk mendapatkan proporsi seimbang.

Sebagai saran, bagi yang bertubuh mungil bisa dipadukan dengan sepatu lebih tinggi. Seperti stiletto atau wadges karena sepatu flat hanya akan bekerja sempurna untuk mereka yang memiliki torso panjang.

7. Tampil lebih ramping dengan memadukan atasan dan bawahan berwarna hitam

Celana jeans high waist berwarna hitam, sempurna dipadukan dengan atasan turtleneck berwarna sama. Ini akan membuat Anda terlihat lebih ramping dan serius. Untuk menambah warna, beri aksesoris yang bersifat dekoratif. Misalnya memakai ikat pinggang berlapis emas atau kalung. Ditambah lagi, pakai sepatu berbahan suede dan blazer hitam yang cocok untuk kerja.

Itulah ketujuh tips memadukan celana jeans high waist atau berpinggang tinggi untuk tampil kekinian. Penting diketahui, model celana ini bisa juga mengesankan tampilan retro apabila dipadukan dengan blus lonceng atau sweater vintage.