6 Tips Memakai Baju <i>Oversized</i> Tanpa Terlihat Besar
Ilustrasi tips memakai baju oversized tanpa terlihat besar (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Pakaian oversized, atau baju nyaman dengan ukuran lebih besar pas dipakai untuk acara-acara kasual. Untuk acara formal, dengan padu-padan yang pas juga bisa dikenakan. Namun, bagaimana cara memadukan baju oversized biar enggak terlihar besar?

Gaya dengan pakaian oversized menandai kenyamanan, kesenangan, namun tetap trendi. Dengan memakai mode pakaian kebesaran ini, Anda tak perlu khawatir lekuk lemak atau terlalu kurus. Karena tren ini cocok untuk semua tipe tubuh. Tips saat memakai baju oversized, berikut agar tak terlihat besar.

1. Pilih potongan yang tepat

Meskipun longgar, tetap ada gaya yang pas untuk dipakai. Ada beberapa model baju yang bekerja lebih baik daripada yang lain. Misalnya rok A-line, yang bagus untuk membangun ilusi visual lebih tinggi dan langsing. Selain itu, gaun dengan rok A-line juga bisa menciptakan efek yang sama tetapi bisa dikenakan dalam acara yang berbeda.

tips memakai baju oversized tanpa terlihat besar
Ilustrasi tips memakai baju oversized tanpa terlihat besar (Freepik/cookie_studio)

2. Beri layer secara bijak

Ketika mengenakan terusan atau dress oversized, apakah tepat menggunakan blazer yang kebesaran juga? Penting untuk Anda ketahui, pakaian oversized perlu dipadukan dengan kombinasi yang menciptakan siluet. Jangan memadukan yang besar dengan sama-sama longgar. Tetapi sesuaikan dengan bentuk tubuh. Misalnya, jika memakai boyfriends T-shirt, padukan dengan celana denim yang fitted seperti bootcut atau legging.

3. Pilih sepatu yang tepat

Sepatu berukuran besar bisa membuat kaki Anda terlihat lebih pendek. Jadi pilihlah warna netral seperti cokelat atau hitam. Atau kenakan flat shoes balet untuk membuat tubuh Anda terlihat lebih panjang.

4. Pakai ikat pinggang

Ikat pinggang kecil, bisa membantu menciptakan postur jam pasir. Jadi kalau menggunakan dress oversized, masukkan sabuk kecil dalam list pelengkap penampilan Anda. Cara ini sempurna ketika mengenakan sesuatu yang longgar tetapi pas.

tips memakai baju oversized tanpa terlihat besar
Ilustrasi tips memakai baju oversized tanpa terlihat besar (Freepik/svetlanasokolova)

5. Pastikan rambut rapi

Agar tak terlihat berantakan, pastikan rambut Anda tertata secara rapi. Jika memungkinkan dan percaya diri, ikat ke belakang. Atau Anda bisa menggunakan jepit ramput untuk merapikannya.

6. Hindari motif baju oversized bintik-bintik atau garis-garis

Baju longgar, jangan sampai membuat Anda terlihat lebih besar hanya karena motif tidak tepat. Motif bintik-bintik dan garis, tidak direkomendasikan untuk menciptakan siluet langsing dengan pakaian oversized. Paling tepat, pilih baju oversized yang polos tetapi lebih memainkan warna dasar dan padukan secara kreatif dengan aksesoris lainnya.