Waktu yang Tepat Memakai Masker Wajah, Lebih Baik Pagi atau Malam?
Memakai masker wajah (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Memakai masker wajah merupakan salah satu cara untuk merawat kulit di area wajah. Banyak wanita melakukan treatment kecantikan dengan memakai masker wajah secara rutin. Lantas kapan waktu yang tepat memakai masker wajah agar bisa mendapatkan hasil yang optimal?

Masker wajah merupakan produk kecantikan yang berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit dan meningkatkan penampilan wajah. Ada berbagai macam atau jenis masker wajah yang bisa dipilih, mulai dari clay mask, sheet mask, mud mask, hingga home made natural mask. Setiap produk menawarkan kelebihannya tersendiri dalam meningkatkan kualitas kulit wajah. 

Saat beraktivitas setiap hari, kulit wajah mengalami berbagai paparan dari luar baik itu karena sinar UV matahari, polusi udara, dan lainnya. Supaya kulit wajah tidak rusak dan bisa terjaga, maka pemakaian masker bisa jadi solusinya. Namun Anda perlu tahu kapan waktu yang tepat memakai masker wajah. 

Waktu yang Tepat Memakai Masker Wajah

Pilihan waktu setiap orang dalam memakai masker wajah bisa berbeda-beda. Ada yang lebih sering memakai masker pada malam hari menjelang tidur. Ada pula yang suka menggunakan masker di pagi hari sebelum beraktivitas. 

Namun sebenarnya kapan waktu terbaik untuk memakai masker wajah? Adakah perbedaan efek dari menggunakan masker di pagi hari dengan malam hari?

Sebenarnya tidak ada pedoman pasti mengenai waktu terbaik dalam memakai masker wajah, entah itu sheet mask atau masker yang dioleskan. Hal yang penting diperhatikan adalah mengetahui fungsi masker yang akan dipakai dan tujuan pengunaannya.

Memakai Masker di Malam Hari

Memakai masker di malam hari cocok diterapkan bagi Anda yang ingin meregenerasi kulit wajah. Sebaiknya pemakaian masker dilakukan sebelum tidur. Produk masker regenerasi kulit umumnya akan secara efektif mengangkat sel-sel kulit mati, sehingga menghasilkan pengelupasan dan pengencangan kulit. 

Masker jenis ini justru tidak cocok dipakai saat siang hari karena dapat menyebabkan kemerahan dan peradangan pada kulit. Hal yang sama berlaku untuk masker yang memiliki fungsi mencerahkan atau whitening. 

Masker semacam ini juga cenderung lebih sensitif terhadap sinar matahari. Oleh karena itu, waktu yang paling sesuai untuk menggunakan skincare atau masker whitening adalah saat malam hari.

Pemakaian masker pada malam hari bermanfaat untuk memperbaiki tekstur kulit dan merevitalisasi. Selain itu, menggunakan masker saat malam juga berperan sebagai detoksifikasi untuk mengangkat kotoran dan sel kulit mati setelah aktifitas sepanjang hari.

Memakai Masker di Pagi Hari

Pakar dermatologi mengatakan bahwa menggunakan masker paling tepat dilakukan di pagi hari. Pemakaian masker pada pagi hari memiliki manfaat lebih efektif dalam mengatasi berbagai masalah kulit seperti hidrasi, perubahan warna kulit, dan peningkatan kecerahan.

Saat masker wajah diterapkan waktu pagi hari, Anda bisa mempersiapkan kulit sebelum beraktivitas. Pemakaian masker lebih baik dilakukan sebelum menggunakan makeup agar kulit Anda mendapatkan hidrasi atau kelembapan dan memeprsiapkan kulit menghadapi berbagai paparan dari luar. 

Pemakaian masker di pagi hari berperan sebagai primer untuk Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa masker pagi berfungsi sebagai langkah awal untuk memberikan kelembapan dan merawat kulit.

Masker akan membantu mengencangkan kulit dan membuat pori-pori tampak lebih kecil. Jadi pemakaian masker wajah di pagi hari sangat disarankan bagi Anda yang ingin mencerahkan, menghidrasi, dan melindungi kulit dari paparan radikal bebas. 

Masker yang Cocok untuk Siang dan Malam Hari

Masker yang berfungsi untuk melembapkan, menghidrasi, dan menyegarkan kulit sebenarnya cocok dipakai saat pagi, siang, maupun malam hari. Masker jenis ini dapat diterapkan kapan saja. Masker yang tidak mengandng “bahan keras” di dalamnya bersifat lebih fleksibel untuk digunakan.

Demikianlah ulasan mengenai kapan waktu yang tepat memakai masker wajah. Pilihan waktu pemakain masker disesuaikan dengan tujuan tiap orang dalam merawat dan memaksimalkan penampilan kulit wajah. Selain itu, jenis masker yang dipakai juga perlu disesuaikan dengan kebutuhan kulit. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.