Berkenalan dengan <i>Azelaic Acid</i>, Pendatang Baru Dunia <i>Skincare</i> yang Efektif Atasi Jerawat
Ilustrasi Azelaic Acid (Pavel Danilyuk/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Kandungan acid dalam skincare memiliki fungsi sebagai chemical exfoliant yang dapat mengangkat sel kulit mati dan mencerahkan kulit kusam. AHA dan BHA merupakan kandungan acid yang paling umum dikenal. 

Di 2021 ini, ada jenis acid baru yaitu azelaic yang dipercaya efektif dalam mengatasi jerawat. Sebelum mencoba produk skincare azelaic acid, mari berkenalan lebih dulu dengan si acid pendatang baru di dunia skincare ini.

Azelaic acid adalah dicarboxylic acid yang berfungsi mengeksfoliasi kulit. Umumnya, azelaic acid secara alami diproduksi kulit oleh jamur dalam tubuh. Namun, kandungan ini juga bisa diproduksi di laboratorium dengan gandum-ganduman sebagai sumbernya.

Kandungan asam jenis azelaic ini mampu mengeksfoliasi kulit dengan ringan, membersihkan pori-pori tersumbat, mencerahkan hiperpigmentasi, mengatasi jerawat, dan mengurangi kemerahan pada kulit akibat paparan sinar matahari maupun alergi.

Untungnya, azelaic acid bisa digunakan oleh siapa saja sebab acid satu ini cocok digunakan semua jenis kulit, termasuk kulit sensitif. Wanita hamil dan menyusui pun aman menggunakan azelaic acid karena mengingat asam ini sebenarnya berasal dari kulit manusia. 

Setidaknya Anda dapat merasakan enam manfaat umum dari penggunaan azelaic acid jika rutin digunakan, yaitu;

1. Anti-aging. Kandungan antioksidan tinggi membuat azelaic mampu menangkal radikal bebas dan mencegah penuaan dini.

2. Mengurangi kulit iritasi dan kemerahan karena memiliki fungsi anti-inflamasi.

3. Mengangkat sel kulit mati karena bekerja dengan cara mengeksfoliasi kulit.

4. Mengurangi komedo karena dapat membersihkan pori-pori tersumbat.

5. Memudarkan noda hitam hiperpigmentasi dan mencerahkan wajah.

6. Menyembuhkan jerawat berkat fungsi anti-bakteri.

7. Merawat rosacea.

Setelah mengetahui manfaatnya, Anda pasti penasaran dengan cara pemakaiannya. Dilansir dari Byrdie, Senin, 8 Agustus,  dermatolog Gervaise Gerstner, MD, menjelaskan bahwa produk skincare dengan kandungan asam azelaic dapat digunakan dua kali sehari, tiap pagi dan malam. Kecuali untuk kulit sensitif, hanya boleh dipakai dua hari sekali saja.

Agar penyerapan produk ke kulit bisa lebih optimal, Anda dapat memakai azelaic acid setelah penggunaan AHA, BHA, atau retinol agar kulit lebih terbuka dan siap menyerap lebih dalam. Selanjutnya, ikuti dengan pemakaian moisturizer dan sunscreen di pagi hari.