Intip Daftar Tempat Wisata di Eropa yang Wajib Dikunjungi!
Menara Eiffel (Yovan Verma-Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Meskipun pandemi COVID-19 masih merebak luas, tidak ada salahnya Anda menjernihkan pikiran dengan melihat-lihat daftar tempat liburan terbaik di wilayah Eropa ini. Siapa tahu bisa Anda gunakan sebagai rekomendasi buat virtual travelling di masa pandemi. 

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut VOI akan kupas tuntas negara mana saja di benua Eropa yang wajib dikunjungi untuk liburan, berdasarkan kategori:

Wisata Seni, Budaya, dan Sejarah

Italia (Wolfgang/Pexels)

Ferrara, Italia: Liburan di Eropa bisa kamu awali dengan mengunjungi Ferara di Italia. Ferrara dikenal sebagai ‘rumah’ nya para penulis, seniman, dan musisi sepanjang sejarah. Kota ini dikelilingi oleh bangunan berdinding kuno dan istana yang dibangun pada abad ke-14 dan abad ke-15. 

Gothenburg, Swedia: Gothenburg adalah kota pelajar yang terkenal karena memiliki arsitektur bergaya Skandinavia dan pernah dinobatkan sebagai kota paling inventif di dunia oleh majalah Forbes.

Hrvatsko Zagorje, Kroasia: Kota ini terkenal sebagai tempat pembuatan mainan kayu di Eropa selama berabad-abad. Menariknya, semua bahan dan cat yang digunakan untuk membuat mainan kayu termasuk produk ramah lingkungan.

Tavira, Portugal: Kota tercantik yang memancarkan pesona asli Portugal. Menjelajahi Tavira harus perlahan-lahan karena bangunan peninggalan masa Renaissance dan Baroque bisa ditemukan di sini.

Brussels, Belgia: Anda hanya perlu berjalan kaki untuk menjelajahi tiap sudut kota sambil melihat harta arsitektur dan seni di kota terbesar di Belgia ini.

Wisata Alam

Aurora (Tobias Bjorkli/Pexels)

Peloponnese, Yunani: Diselimuti pepohonan hijau, gunung, gua, pantai, dan berbentuk seperti daun yang lebar, pada abad pertengahan semenanjung Peloponnese yang luas dikenal dengan nama Morea yang berarti mulberry leaf.

Heidelberg, Jerman: Berlokasi di sekitar pegunungan Odenwald dan tepi sungai Neckar, Heidelberg digambarkan sebagai daerah dengan pemandangan indah yang bernuansa romantis. Cocok dijadikan tempat honeymoon bersama pasangan.

Punkaharju, Finlandia: Di Punkaharju terdapat sebuah danau tenang bernama Saimaa yang dikelilingi pohon pinus sehingga suasana sekitar sangat teduh dan asri. Untuk sampai ke Punkaharju, Anda hanya perlu naik kereta dari Helsinki.

Finistère, Prancis: Kota ini merupakan kota pesisir yang terletak di ujung sebelah barat Prancis dan berhadapan langsung dengan Samudera Atlantik. Berdiri di sepanjang pantai berbatu yang berhadapan langsung dengan samudera seakan membuat Anda berada di ujung dunia. 

Reykjavik, Islandia: Islandia adalah tempat termudah untuk 'menangkap' aurora yang biasanya didominasi oleh cahaya berwarna hijau. Jadilah saksi mata fenomena alam yang mengagumkan ini!

Yorkshire Dales, Inggris: Tempat ini memiliki keindahan alam dan bangunan kuno yang mengesankan. Jadi tidak heran kalau Yorkshire Dales pernah dijadikan lokasi shooting film Harry Potter.

Wisata Kuliner

Chicken Dish (Josh Kobayashi/Pexels)

Istanbul, Turki: Di wilayah Cihangir, ada sebuah resto Van Kahvalti Evi yang menyediakan roti wijen, kaymak, menemen, varian keju, dan makanan khas Turki lainnya dengan rasa sempurna.

Barcelona, Spanyol: Velodromo Bar yang terletak di Carrer de Muntaner mempertahankan interior bergaya klasik dan menyajikan hidangan kuliner dari Catalonia dari pagi hingga malam. 

Amsterdam, Belanda: Liburan di Eropa bakal makin lengkap dengan mencicipi makanan khas Belanda. Pannekoek, bacon, dan keju adalah makanan yang harus Anda coba saat menginjakkan kaki di Belanda.

Copenhagen, Denmark: Selamat datang di ‘surga’ pastry dan bakery! Jangan lewatkan mencicipi Danish Cinnamon Snails kala berkunjung ke kota ini.

Surganya Festival

Bullfighting (Marko Obrvan/Pexels)

Munchen, Jerman: Di Munchen, Jerman biasanya diadakan folk festival dan pesta bir. Masyarakat setempat menyebutnya dengan Oktoberfest. Tempat ini sering dianggap sebagai surganya para pencinta bir.

Perugia, Italia: Di bulan Oktober, ada festival Eurochocolate yang berlangsung selama sembilan hari dan memungkinkan pengunjung mencoba dan memasak semua makanan berbahan dasar cokelat.

Budapest, Hungaria: Setiap tahun di bulan Agustus, Budapest berubah menjadi hip city karena ada Sziget Festival. Yaitu sebuah festival musik yang spektakuler dan populer di kalangan generasi muda.

Madrid, Spanyol: Musim bullfighting biasanya berlangsung mulai Maret hingga Oktober. Saat matador berhadapan dengan banteng, Anda akan merasakan suasana yang menegangkan, mengerikan, sekaligus mengejutkan.

Champagne, Prancis: Rasanya sia-sia berlibur ke Prancis tanpa menyempatkan diri menikmati festival yang berhubungan dengan wine di wilayah Champagne, Prancis pada musim gugur.