Alasan Nastar Identik Jadi Kue Lebaran di Indonesia
Alasan Nastar Identik Jadi Kue Lebaran (Gambar Vecstock - Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Lebaran Idul Fitri tinggal menghitung hari, namun tentunya kurang lengkap bila kalian belum membeli kue nastar. Kalau dipikir-pikir kira-kira apa sih alasan nastar identik jadi kue lebaran? Yuk kita bahas di sini!

Kue kering nastar dan kaastengel jadi salah satu menu yang identik sama halnya dengan opor ayam dan juga ketupat, kok bisa ya? Soalnya kue-kue kering lainnya banyak juga yang rasanya enak-enak!

Alasan Nastar Identik Jadi Kue Lebaran

Usut punya usut, kue kering nastar ternyata sudah dikenal sejak zaman Kolonial Belanda loh! Hal ini merupakan salah satu resep kue asal negri kincir angin yang begitu akrab dengan masyarakat Indonesia.

Namanya berasal dari bahasa Belanda ananas serta tart, gabungan 2 kata tersebut jadi nastar. Kue nastar umumnya berbentuk bundar dengan tambahan cengkeh ataupun kismis diatasnya.

Sebetulnya resep nastar terinspirasi dari kue pie khas Eropa yang umumnya berisi selai strawberry, blueberry, ataupun apel. Tetapi buah-buah tersebut sulit didapatkan di Indonesia, kesimpulannya ditukar dengan buah nanas yang mempunyai rasa asam manis serupa.

Wujudnya juga dimodifikasi jadi bulat-bulat kecil dalam dimensi sekali makan sehingga nastar jadi kemilan yang praktis. Jaman dulu, nastar cuma dibuat saat perayaan hari-hari besar serta cuma disajikan buat para bangsawan serta orang-orang kaya.

Lama kelamaan, resepnya menyebar lebih luas sampai nastar juga jadi merakyat, tetapi tetap identik dengan perayaan hari besar.

Sesungguhnya nastar tidak cuma identik dengan lebaran saja, kue kering ini juga akrab selaku sajian saat natal serta tahun baru, apalagi saat perayaan Imlek. Dalam Bahasa Hokian, nastar diucap ong lai ataupun buah pir emas.

Warna kuning keemasan dan rasanya yang manis serta lembut isi nanasnya melambangkan rezeki yang manis serta melimpah. Banyak orang mengakui kalau pesona nastar terdapat pada nostalgia serta kenangan yang ada di dalam setiap gigitannya.

Perihal ini dapat terjadi sebab keberadaan nastar telah lama sekali semenjak dari era Belanda di tiap momen perayaan lebaran. Sejak lama pula Kerutinan buat menyuguhkan nastar telah ada serta tidak dapat dilepaskan, hingga menyajikan nastar saat lebaran sudah lebih seperti suatu tradisi yang melekat di masyarakat. Jadi, di kala kue nastar tidak ada saat lebaran, kemungkinan besar orang bakal mencari serta menanyakannya.

Resep Nastar Sederhana, Lembut Isinya dan Anti Retak

  • Waktu Persiapan: 20 menit
  • Waktu Memasak: 30 menit
  • Porsi: 30 buah
  • Kalori: 373 kalori (per 100 gram makanan)

Untuk membuat resep kue nastar anti rusak dengan kulit luar yang lembut, diperlukan sedikit trik dalam memanggangnya. Dengan membuat resep nastar sendiri di rumah, Kalian pula dapat mengkreasikan banyaknya isian pada nastar yang bakal dibuat.

Bahan-Bahan Nastar Sederhana

  • 100 gr gula halus
  • 300 gr selai nanas
  • 1 bungkus vanili
  • 100 gram keju cheddar
  • ½ kilogram tepung terigu
  • 50 gram kismis
  • 1 batang kayu manis
  • 4 butir kuning telur
  • 2 butir kuning telur buat dioles
  • ½ kilogram mentega ataupun margarin( dianjurkan mentega Wijsman)

Cara Membuat Nastar Sederhana

  1. Buat adonan terlebih dahulu. Siapkan loyang berupa persegi panjang serta oles dengan margarin.
  2. Kocok 4 butir kuning telur, gula halus, serta mentega dengan mixer sampai mengembang.
  3. Masukkan keju parut ke dalam adonan. Aduk merata dengan speed mixer rendah.
  4. Masukkan tepung terigu serta vanili.
  5. Aduk sampai membentuk adonan yang dapat dibulatkan.
  6. Bulatkan kue dengan tanganmu.
  7. Pipihkan adonan kue, setelah itu masukkan selai ke tengah adonan kue. Buat bulatan.
  8. Potong kismis serta letakkan sepotong kismis di atas kue.
  9. Oleskan permukaan kue dengan kuning telur.
  10. Pastikan oven sudah dipanaskan sebelum memasukkan kue nastar.
  11. Panggang kue nastar dalam oven selama 30 menit dengan api atas bawah serta temperatur 150 derajat Celcius.
  12. Sehabis matang, keluarkan nastar dari oven.
  13. Nastar siap disajikan!

Selain itu kalian juga bisa menyempurnakan isiannya dengan membaca: “Cara Membuat Selai Nanas untuk Isian Kue Nastar di Rumah”.

Jadi setelah mengetahui alasan nastar identik jadi kue lebaran, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!