Rekomendasi 5 Kuliner Malam di Solo, Sudah Pernah Coba? Nikmatnya Bikin Ketagihan
Ilustrasi nasi liwet (sumber: surakarta.go.id)

Bagikan:

JAKARTA – Setiap kota di Nusantara memiliki pesona masing-masing. Jika Anda berada atau singgah di Solo, satu kota yang berslogan The Spirit of Java ini, ada rekomendasi kuliner malam yang nikmatnya bikin ketagihan.

Sudah pernah mencicipi daftar kuliner di bawah ini?

Nasi Liwet Bu Sarmi

Kuliner malam di Solo yang pertama tentu tak asing ditelinga Anda. Warung ataupun restoran nasi liwet akan sangat mudah ditemui ketika Anda telah memasuki kota Solo. Tentu yang rekomended  tak banyak, termasuk salah satunya Nasi Liwet Bu Sarmi yang terletak di Jalan Kapten Mulyadi, Kedung Lumbu.

Jika kendaraan mengarah ke kawasan Pasar Kliwon, Kota Surakarta, maka tak jauh dari situ lokasi warung makan nasi liwet legendaris. Buka dari petang pukul 18.00 hingga tengah malam.

Disebut nasi liwet sebab diolah dengan diliwet atau diolah dengan menambahkan santan, sedikit garam, dan rempah-rempah yang memendarkan aroma. Biasanya, ada berbagai macam pilihan lauk, mulai dari opor ayam, rendang, dan sayur lodeh.

Sate Kere Yu Rebi

Nah, kuliner malam yang kedua tak kalah unik dan lezat. Disebut sate kere sebab mayoritas yang ditusuk dan dibakar adalah daging berlemak. Tapi tenang, jika Anda tak suka makan makanan berlemak maka dapat request daging tanpa lemak.

kuliner malam di solo
Ilustrasi sate usus (Unsplash/Alessandra Sio)

Sate Kere Yu Rebi sangat terkenal dan jadi tempat singgah banyak orang. Satu porsi tak lebih dari Rp25 ribu sehingga cukup ramah pada isi dompet. Buka dari siang hari hingga pukul 20.00 yang artinya Anda mesti berangkat lebih awal agar tak kehabisan.

Gudeg Ceker Margoyudan

Tidak hanya ada di Yogyakarta, gudeg juga jadi rekomendasi kuliner malam di Solo. Gudeg dengan lauk ceker yang dimasak gurih dan bersantan dapat dinikmati selepas tengah malam.

Artinya, tak perlu kebingungan jika terbangung malam hari karena lapar. Sebab ada Gudeg Ceker Margoyudan yang baru buka pukul 01.30 dini hari.

Soto Seger Mbok Ronggeng

Pasti Anda kenal dengan makanan Nusantara yang dikenal dengan soto. Ada berbagai varian soto, termasuk Soto Seger Mbok Ronggeng yang diolah tanpa santan dan berkuah bening. Maka disebut dengan soto seger karena kuahnya menyegarkan dan tidak berlemak.

Baru menjelang tengah malam warung ini baru buka. Dan ketika menikmati semangkuk soto, pembeli bisa memilih lauk seperti tempe goreng, tempe keripik, perkedel kentang, dan sate ati.

Pecel Omah Ndeso

Dari nasi liwet hingga soto yang berkuah, nah rekomendasi terakhir kuliner malam di Solo adalah nasi pecel. Pecel terdiri dari sayuran hijau, sambel kacang, dan lalapan yang dihidangkan di atas nasi hangat.

kuliner malam di solo

Ilustrasi pecel ndeso (sumber: surakarta.go.id)

Pecel Omah Ndeso buka dari pagi hari hingga menjelang tengah malam. Setiap piringnya dibanderol harga tak lebih dari Rp15 ribu. Jika ingin tambah lauk, dapat memilih tempe garit dan telur dadar. Bagaimana tak nikmat jika nasi hangat dan sayuran bernutrisi dapat di makan pada malam hari?

Namun jangan lupa, jika Anda sedang menjalankan program diet maka perlu mengurangi porsi nasi putih. Anda bisa memesan nasi putih setengah porsi dan minum teh panas tanpa gula.