Suhu yang Aman Untuk Catok Rambut Lurus, Keriting, Tebal dan Tipis
Suhu yang Aman Untuk Catok Rambut (Gambar freepik)

Bagikan:

YOIGYAKARTA - Penasaran dengan suhu yang aman untuk catok rambut? Yuk kita bahas di sini! Simak sampai selesai, ya!

Yang kerap meluruskan ataupun mengeriting rambut di rumah, telah tahu belum temperatur catokan yang aman buat rambut? Patokan suhu catokan yang baik terdapat pada 120°C sampai 175°C. Bila mau rambut lurusmu lebih ‘matang’, maka 185°C merupakan temperatur yang normal. Tetapi, setelan suhu ini sesungguhnya mesti disesuaikan dengan tipe serta keadaan rambutmu. Yup, suhu catokan buat rambut lurus serta rambut keriting berbeda. Begitu pula jika rambutmu lagi kering serta rusak.

Memang sih ada alat catok yang tidak mempunyai setelan temperatur, semacam alat catok travel yang berukuran mini ataupun alat catok dengan harga murah. Tetapi, jika catokanmu memiliki setelan suhu, yuk mulai pelajari suhu catokan yang baik supaya rambutmu tidak ‘terpanggang’. Cek panduan berikut!

Suhu yang Aman Untuk Catok Rambut

I. Rambut Bergelombang: 150°C-190°C

Buat rambut berombak alias ikal, kalian perlu sedikit kehangatan ekstra. Bila tidak, rambutmu bakal gampang kembali ke wujud asalnya. Range temperatur catokan yang aman buat rambut bergelombang ini dapat disesuaikan pula dengan ketebalan rambutmu. Semakin tebal, semakin panas suhu yang diperlukan buat meluruskan rambut.

Buat tipsnya, saat sebelum mencatok, pastikan kalian telah menyisir serta mengurai kusutnya terlebih dahulu. Pakai sisir bergigi jarang ataupun tipe sisir khusus semacam detangling brush. Bilas juga pelat catokanmu supaya tidak terdapat sisa minyak yang dapat membatasi distribusi suhunya.

II. Rambut Keriting: 170°C-200°C

Rambut keriting, kriwil, ataupun kribo jelas memerlukan temperatur yang cukup panas supaya wujud liukan rambutnya jadi lurus. Mirip dengan alat setrika pakaian, deh. Kain katun yang sulit licin perlu disetrika dalam temperatur panas, bukan?

Tantangan lainnya pada saat mencatok rambut keriting yaitu mengenali teknik membuat hasilnya tahan lama. Nah, inilah trik dari para ahli rambut yang wajib kalian kuasai: persiapkan rambutmu dengan lebih baik. Kalian perlu melembapkan ataupun melemaskan rambut keritingmu saat sebelum dicatok.

Pastikan rambutmu dalam kondisi bersih. Rambut keriting biasanya berminyak di dekat akar. Perihal ini yang dapat menyulitkan distribusi suhu pada pelat catokan di beberapa bagian. Rambut jadi tidak lurus sempurna.

III. Rambut Lurus: 120°C-150°C

Keuntungan memiliki rambut lurus yaitu rambutmu gampang diatur tanpa panas berlebih. Inilah range suhu catokan yang kita sarankan. Jika batang rambutmu cenderung pipih ataupun tipis, pilih temperatur 120°C. Jika batang rambutmu agak tebal, kalian dapat mengenakan catokan di suhu 150°C.

Jika memanglah mau mencatok rambut hingga sangat lurus semacam model glass hair, kalian bahkan dapat menaikkan temperatur catokan sampai 185°C. Dengan catatan, rambutmu masih terbilang sehat. Pastikan pula rambutmu telah dilindungi oleh heat protectant, ya!

IV. Rambut Tipis: 120°C-150°C

Salah satu tantangan dalam mencatok rambut tipis yaitu buatnya nampak apik tanpa menjadikannya semakin kempis ataupun lepek. Sebab itulah, suhu catokan yang baik buat tipe rambut ini ialah pada suhu sedang. Jauhi temperatur panas yang dapat langsung ‘menggosongkan’ rambutmu.

V. Rambut Tebal: Sampai 220°C

Mirip dengan rambut keriting, kalian perlu temperatur catokan yang lebih panas. Tetapi, 220°C tidak terlalu berlebihan? Tidak juga, kok. Banyak hairstylist ternama yang mengatakan jika ini merupakan temperatur catokan yang aman buat rambut tebal.

Walaupun begitu, kalian dapat melihat ketebalan ataupun diameter rambutmu lagi. Jika batang rambutnya sangat tebal (ditambah rambutmu keriting), pakai panduan suhu ini. Ketebalannya cenderung biasa serta rambutmu agak kering? Kalian dapat menurunkan lagi suhunya sampai ke 185°C ataupun 200°C.

VI. Rambut Rusak: 120°C-150°C

Beberapa panduan temperatur catokan yang baik di atas merupakan temperatur buat rambut yang terkategori sehat. Kemudian, gimana jika rambutmu lagi kering ataupun rusak, sebab biasa diluruskan, diwarnai, ataupun diproses bleaching? Nah, temperatur catokan yang aman buat rambut dengan keadaan ini yaitu pada temperatur rendah ataupun sedang. Mirip semacam pada rambut tipis.

Rambut dengan keadaan ini wajib kalian perlakukan dengan hati-hati. Suhu catokan yang sangat panas dapat memperparah keadaannya. Tidak jarang, rambut yang kerap dicatok tanpa perawatan lanjutan mengalami kerontokan serta nampak kusam.

VII. Rambut Palsu/Hair Extension: 90°C

Walaupun palsu, jangan lupakan penindakan buat tipe rambut yang satu ini. Baik itu wig, clip-on extensions, ataupun rambut sambungan, hendaknya kalian tidak menyamakannya dengan rambut asli. Memang ada rambut palsu perempuan yang dibuat dari rambut asli serta tahan suhu panas. Tetapi, tetaplah memperlakukan rambut palsu ini dengan baik, supaya dapat digunakan lebih lama.

Buat sekadar merapikannya, mulailah dari temperatur serendah mungkin. Kalian dapat menaikkan suhunya perlahan bila dirasa panasnya kurang merata.

Apakah kalian “Mau Punya Rambut Lurus Tanpa Catokan”? Baca deh link, ini.

Jadi setelah mengetahui suhu yang aman untuk catok rambut, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!