Menurut Pakar, Ini Alasan Mengapa Rambut Memerlukan Vitamin dan Mineral Tambahan
Ilustrasi (Garon Piceli/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Salah satu simbol kecantikan dan kesehatan yang baik terlihat dari kondisi rambut yang indah dan halus. Namun, untuk mendapatkannya Anda perlu mengonsumsi nutrisi, seperti vitamin dan mineral yang tepat untuk menjaga kesehatan rambut. 

Berbagai faktor, termasuk usia, gaya hidup, keturunan, stres, dan ketidakseimbangan hormon, dapat mempengaruhi kondisi kesehatan rambut. Dengan mengonsumsi vitamin dan mineral setiap hari mampu merawat rambut rontok, menghilangkan ketombe, memperbaiki kerusakan, menjaga pertumbuhan dan kilau rambut. Selain itu juga membantu mengatasi masalah seperti kusam, pecah-pecah, dan kering.

Vitamin dan mineral ini tersedia dalam berbagai jenis. Dan kesehatan rambut ditentukan berdasarkan vitamin dan mineral yang diterimanya. Berikut daftar vitamin dan mineral penting yang dibutuhkan tubuh guna menghasilkan rambut kuat dan berkilau.

Vitamin A

Sel membutuhkan Vitamin A dalam jumlah cukup untuk menjalankan fungsi tubuh dengan baik, termasuk meningkatkan kondisi rambut. Dengan Vitamin A, kelenjar kulit menghasilkan zat berminyak yang disebut sebum yang berfungsi melembabkan kulit kepala dan menjaga kesehatan rambut. Melansir Times of India, Kamis, 9 Februari, vitamin A juga membantu melawan radikal bebas, membuat rambut terlihat tebal dan tidak mengembang. Sumber alami Vitamin A dapat diperoleh dari wortel, ubi jalar, paprika merah, pepaya, tomat, kangkung, dan bayam.

Vitamin B

Biotin dianggap sebagai salah satu vitamin ideal yang berkontribusi terhadap pertumbuhan rambut dan mencegah kerontokan secara signifikan. Biotin ditemukan dalam makanan seperti biji-bijian, sayuran berdaun, dan kacang-kacangan. Juga dikenal sebagai Vitamin B7, biotin bersifat larut dalam air yang membantu memperkuat folikel rambut, merangsang pertumbuhannya, dan memperbaiki rambut rusak. Suplemen biotin mengontrol rambut rontok dan meningkatkan pertumbuhan dan kilau rambut.

Vitamin E

Sebagai antioksidan kuat, Vitamin E adalah kunci mendapatkan rambut sehat. Menurut penelitian, orang yang mengonsumsi Vitamin E selama delapan bulan untuk mengatasi kerontokan rambut, mengalami peningkatan pertumbuhan rambut sekitar 34,5 persen. Bayam, almond, minyak nabati seperti rapeseed (minyak sayur), bunga matahari, jagung, minyak zaitun, dan alpukat adalah makanan yang diperkaya Vitamin E. Vitamin E juga tersedia dalam bentuk kapsul yang secara efektif mengontrol kerontokan rambut dan meningkatkan pertumbuhan dan nutrisi rambut.

Vitamin D

Vitamin D adalah nutrisi penting yang membantu meningkatkan kekebalan tubuh, menjaga kesehatan tulang dan kulit, merangsang pertumbuhan sel, dan membantu menciptakan folikel rambut baru. Cara terbaik menyerap vitamin D yaitu dengan berjemur di bawah sinar matahari dan konsumsi vitamin D guna mencegah rambut rontok dan masalah kulit kepala kering serta meningkatkan pertumbuhan dan nutrisi rambut.

Besi

Zat besi mendukung sel darah merah dalam membawa oksigen ke setiap sel tubuh. Zat besi adalah mineral penting untuk menjaga fungsi tubuh bersamaan dengan mendorong pertumbuhan rambut. Sayuran berdaun hijau (seperti kacang merah, bayam, brokoli, buncis, dan kacang-kacangan) dapat membantu memenuhi kebutuhan Zinc, mencegah rambut rontok, dan mendukung penampilan yang menawan.

Zinc

Zinc mendukung pengaturan produksi minyak pada kelenjar sebaceous di kulit kepala dan meningkatkan produksi testosteron. Cokelat hitam, kacang-kacangan, kacang panggang, buncis, polong-polongan, membantu memenuhi defisiensi zinc. 

Vitamin C

Vitamin C membantu mencegah kerusakan akibat radikal bebas, menyebabkan konsekuensi yang signifikan dalam tubuh, seperti menghalangi pertumbuhan rambut dan membuat rambut kusam. Vitamin C adalah salah satu vitamin paling ampuh yang menguatkan, menyehatkan, dan membuat rambut berkilau. Vitamin C ditemukan dalam buah-buahan seperti jambu biji, stroberi, lemon, dan sayuran seperti brokoli, kecambah, kentang, dan paprika.

Terkait