Bagikan:

YOGYAKARTA - Sunblock dan sunscreen berfungsi untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Kedua produk perawatan kulit tersebut cocok dipakai bagi orang-orang yang kerap melakukan aktivitas di luar ruangan atau outdoor. 

Meski keduanya sama-sama dapat melindungi kulit dari radiasi ultraviolet (UV), namun terdapat perbedaan antara sunblock dan sunscreen. Perbedaa keduanya terletak dari segi kandungan produk, tekstur, dan cara kerjanya untuk merawat kulit.

Masih banyak orang yang belum mengenali perbedaan sunscreen dan sunblock. Pemakaian produk pelindung kulit harus disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Supaya tidak salah memilih produk, sebaiknya pahami dulu perbedaan sunblock dan sunscreen sebelum membelinya. 

Perbedaan Sunblock dan Sunscreen

Pemakaian sunblock dan sunscreen sebaiknya digunakan sebelum Anda keluar rumah. Paparan sinar matahari secara langsung ke kulit dapat menimbulkan efek buruk, seperti kerusakan kulit, penuaan dini, hingga potensi kanker kulit.

Oleh karena itu, penggunaan produk pelindung kulit sangatlah penting bagi Anda yang sehari-hari beraktivitas di luar ruangan. Baik sunblock maupun sunscreen sama-sama memberikan perlindungan yang efektif bagi kulit ketika berada di bawah sinar matahari.

Lantas mana yang cocok untuk Anda gunakan, apakah suncreen atau sunblock? Pahami sejumlah perbedaan sunblock dan sunscreen berikut ini:

Kandungan Produk

Anda bisa membedakan sunscreen dan sunblock dari segi kandungan produknya. Komposisi bahan dari kedua produk tersebut memiliki perbedaan. Sunblock umumnya mengandung mineral seperti titanium dioksida atau seng oksida yang memantulkan sinar matahari.

Sementara itu, produk sunscreen mengandung bahan kimia seperti avobenzone, oxybenzone, atau octinoxate. Kandungan pada sunscreen berperan menyerap sinar UV dan mengubahnya menjadi panas yang tidak berbahaya.

Cara Kerja Penggunaan 

Perbedaan lain dari sunblock dan sunscreen juga terletak pada cara kerja penggunannya. Meskipun keduanya melindungi kulit dari sinar UV, sunblock bertindak dengan membentuk lapisan fisik di atas kulit untuk menghalangi sinar UV. Sementara produk sunscreen bekerja dengan menyerap sinar UV sebelum mencapai kulit.

Bentuk Produk

Bentuk produk sunscreen dan sunblock juga bisa berbeda. Sunscreen tersedia dalam berbagai bentuk seperti krim, losion, spray, atau gel. Beberapa produk kecantikan juga mengandung sunscreen di dalamnya. Di sisi lain, sunblock umumnya hadir dalam bentuk krim atau losion.

Tekstur Produk

Anda juga bisa membedakan sunblock dan sunscreen dengan cara merasakan teksturnya. Sunscreen memiliki tekstur yang ringan dan cepat meresap saat digunakan pada kulit. Produk tabir surya ini nyaman digunakan dalam jangka waktu lama atau sebagai produk harian.

Di lain sisi, sunblock memiliki tekstur yang lebih tebal dan kental. Setelah mengoleskannya, sunblock akan memberikan sensasi yang lebih berat pada kulit. Krim ini seperti membentuk lapisan yang terasa di atas permukaan kulit. Oleh karena itu, sunblock membutuhkan waktu lebih lama untuk meresap sepenuhnya ke dalam kulit.

Kapasitas Perlindungan

Sebagian besar sunblock dapat melindungi kulit dari kedua jenis sinar UV, yaitu UVA dan UVB. Perlindungan yang diberikan oleh sunblock dinilai lebih dalam dan menyeluruh. Dengan efek tersebut, sunblock bisa membantu mencegah masalah kulit seperti penuaan dini dan sunburn.

Di sisi lain, beberapa jenis sunscreen hanya melindungi dari sinar UVB. Namun ada juga produk sunscreen yang memberikan perlindungan dari kedua jenis sinar tersebut. Oleh karena itu, penting untuk memeriksa label produk yang menunjukkan bahwa sunscreen tersebut melindungi dari sinar UVA dan UVB.

Untuk Penggunaan Sehari-hari Lebih Aman Sunblock atau Sunscreen?

Sebenarnya pemilihan antara sunscreen dan sunblock dikembalikan ke preferensi masing-masing individunya. Selain itu, penggunaan produk juga harus disesuaikan dengan kegiatan sehari-hari dan kebutuhan kulit tiap orang yang bisa berbeda-beda. 

Apabila Anda mengingingkan tabir surya yang memberikan kapasitas perlindungan ekstra, maka gunakan sunblock. Produk sunblock mampu melindungi kulit dari dua jenis radiasi sinar UV, yaitu paparan UVA dan UVB. 

Demikianlah perebdaan sunblock dan sunscreen yang perlu dipahami sebelum membeli dan menggunakan produk tabir surya. Supaya mendapatkan pelrindungan kulit yang optimal, pemilihan produk tabir surya yang akan dipakai sebaiknya disesuaikan dengan aktivitas yang dilakukan dan kebutuhan kulit sendiri. Baca juga aturan menggunakan sunscreen yang benar

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.