Sebelum Olahraga, Ini <i>Skincare</i> Wajib yang Perlu Digunakan Untuk Melindungi Kulit
Ilustrasi (Arina Krasnikova/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Bahkan bagi yang malas gerak, dorongan untuk berolahraga sangat tinggi di masa pandemi ini. Pada umumnya orang tahu bahwa meningkatkan imun tubuh bisa dicapai dengan ‘mudah’ dengan berolahraga. Olahraga outdoor seperti bersepeda, lari, jogging menjadi favorit karena sekalian bisa sambil berjemur menambah Vitamin D. Namun jangan lupakan skincare wajibnya agar pori-pori tidak tersumbat keringat, memicu jerawat atau muncul flek karena lupa pake sunblock. Empat tahapan skincare wajib sebelum mulai berolahraga. Simak disini

Cuci Wajah Bersih Sebelum Berolahraga

Berolahraga dengan wajah terlapisi make up bisa mengakibatkan pori-pori kulit tersumbat dan keringat tak dapat keluar dengan sempurna. Karena itu dianjurkan berolahraga dalam keadaan kulit bersih. Cuci bersih wajah, boleh dengan double cleanser, sebelum berolahraga. Banyak wanita tidak bisa keluar rumah tanpa alis. Bolehlah pake alisnya biar tidak polos, pastikan bahannya yang waterproof.

Gunakan Pelembap

Berkeringat itu sehat! Namun berkeringat dan berminyak itu dua hal yang berbeda! Keringat merupakan cara alami tubuh untuk mengeluarkan cairan tubuh untuk mengurangi suhu tubuh dan mengeluarkan racun, sementara minyak tubuh biasanya muncul ketika kulit terasa kering akibat kekurangan kadar air di dalam lapisan kulit. Nah minyak inilah yang bisa memicu munculnya jerawat bila terpapar bakteri dan kotoran.

Sebagai pencegahan, Anda menggunakan moisturizer sebelum berolahraga. Oleskan pelembap yang lekas meresap ke kulit setelah membersihkan wajah secara menyeluruh, tunggu hingga meresap baru oleskan sunscreen. Dengan cara ini maka kelembapan kulit lebih terjaga dan jerawat bisa dihindari meski berkeringat sekalipun.

 Jangan Lupa Pakai Sunblock

Sunblock atau tabir surya berguna untuk melindungi kulit dari paparan sinar ultra violet yang dapat membuat kulit kering, terbakar, bahkan memicu kanker kulit. Skin care ini menjadi amat penting untuk digunakan saat berolahraga, baik diluar ruangan ataupun di dalam ruangan termasuk olahraga air. Pilih sunblock dengan SPF yang tinggi dan bertekstur ringan di kulit. Sunblock dapat diaplikasikan ulang jika diperlukan.

Siapkan Face Mist & Handuk Bersih

Saat berkeringat secara tidak sadar kita mungkin mengucap wajah dan leher dengan tangan yang juga berkeringat dan kotor. Belum lagi debu yang beterbangan. Karena itu, selalu siap handuk kecil untuk menghapus keringat. (Ini juga sebabnya Anda tidak dianjurkan bermake up saat olahraga).

Gunakan face mist ataupun face spray setelahnya. Skin care wajib saat olahraga ini tak hanya berfungsi mengembalikan kelembapan kulit, semprotan ini juga terasa nyaman di kulit, terutama saat suhu tubuh meningkat, terasa gerah dan kulit mulai terasa berminyak.