Ingin Dapat Perlindungan Maksimal dari <i>Sunscreen</i>? Inilah Waktu yang Tepat Menggunakan Tabir Surya
Ilustrasi tabir surya (Foto: AdoreBeautyNZ/Pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Menggunakan tabir surya saat akan beraktivitas di luar ruangan merupakan salah satu cara efektif untuk mencegah sunburn akibat paparan sinar ultraviolet (UV) yang berlebihan. Selain itu, tabir surya atau sunscreen juga dapat mengurangi risiko kanker kulit dan juga tanda penuaan dini. Lantas, kapankah waktu yang tepat menggunakan tabir surya? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Waktu yang Tepat Menggunakan Tabir Surya

Dikutip dari AI-Care, Setiap hari matahari memancarkan sinar UV yang bisa berbahaya bagi kesehatan kulit. Bahkan, di saat cuaca mendung, 80% sinar UV matahari masih bisa menembus awan dan mencapai kulit.

Dengan hanya 15 menit di luar ruangan saja sudah cukup menyebabkan kerusakan dan potensi kanker kulit jangka panjang akibat paparan sinar matahari. Inilah sebabnya, para ahli dermatologi menyarankan untuk menggunakan tabir surya setiap hari, khususnya pada kulit yang tidak tertutup pakaian saat beraktivitas di bawah sinar matahari langsung.

Menurut ahli dermatologis, waktu yang tepat menggunakan sunscreen adalah 30-40 menit sebelum kulit Anda terpapar sinar matahari. Hal ini Disebabkan tabir surya membutuhkan waktu untuk meresap ke dalam kulit sampai akhirnya bisa melindungi kulit secara merata.

Semantara menurut American Academy of Dematology, sunscreen perlu dioleskan ke kulit setiap hari saat hendak beraktivitas di luar ruangan. Terutama, ketika Anda berada di luar ruangan pada jam 10 pagi sampai 3 sore karena sinar UV pada jam tersebut sangat kuat.

Tips Menyesuaikan Pemakaian Tabir Surya

Untuk mendapatkan manfaat dari tabir surya secara maksimal, ada beberapa tips yang bisa Anda coba.

Selain melindungi kulit dari paparan sinar matahari langsung, tips ini setidaknya bisa membantu Anda untuk menyesuaikan waktu pemakaian tabir surya atau sunscreen saat beraktivitas di luar rungan.

  • Oleskan tabir surya minimal 20-30 menit sebelum pergi ke luar ruangan.
  • Oleskan ulang tabir surya setiap 2 jam sekali, terutama saat Anda berada di luar.
  • Bagi Anda yang mempunyai kulit kering, oleskan 15 menit sebelum pergi ke luar.

Selain itu, Anda juga bisa mengoleskan tabir surya sebelum berenang. Air memang akan mencuci bersih sunscreen dan efek dari air juga membuat diri Anda berpikir bahwa kulit sedang tidak terbakar.

Padahal, air juga dapat memantulkan sinar UV. Oleh sebab itu, gunakan sunscreen yang memiliki sifat tahan air. Setelah itu, Anda bisa mengoleskannya kembali setelah Anda keluar dari kolam.

Dengan demikian, Anda akan mendapatkan perlindungan maksimal dari tabir surya dengan menyesuaikan waktu penggunaannya. Jangan lupa bahwa mencocokkan waktu pemakaian sunscreen tidak cukup untuk melindungi kulit Anda.

Demikian informasi tentang waktu yang tepat menggunakan tabir surya. Untuk mendapatkan berita menarik lainnya, baca terus VOI.ID.