Bolehkah Berenang Setelah Makan? Apa Dampaknya?
Ilustrasi renang (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Renang memang menyenangkan. Namun, beredar dalam masyarakat bahwa bahwa berenang setelah makan menyebabkan gangguan pencernaan. Pasalnya renang adalah olahraga yang membutuhkan seluruh gerak tubuh dari mulai tangan sampai kaki.

Sedangkan makan sebelum berenang berpotensi menghalangi gerak tubuh saat berenang hingga menyebabkan gangguan pencernaan. Lalu bagaimana kebenaran informasi tersebut?

Berenang Setelah Makan

Sebenarnya renang dalam kondisi perut terisi makanan adalah boleh. Renang dengan kondisi kenyang juga tak akan mengganggu gerak secara signifikan. Saat kenyang darah akan mengalir ke perut untuk membantu proses mencerna makanan sehingga otot tetap mendapat energi yang dipakai untuk bergerak di kolam renang. Bahkan ada pula yang menganjurkan untuk makan sebelum olahraga dengan jeda satu jam atau 30 menit agar pembakaran lemak lebih maksimal.

Yang jadi masalah adalah berenang dalam kondisi perut kenyang secara berlebihan. Kondisi tersebut ternyata memiliki dampak tertentu yakni sebagai berikut.

  1. Potensi Kram Perut

Berenang setelah makan terlalu banyak berpotensi menyebabkan kram perut. Kondisi ini sebenarnya umum terjadi bahkan tak hanya pada aktivitas berenang, namun aktivitas fisik lainnya. Anda tidak disarankan untuk makan terlalu banyak sebelum melakukan aktivitas fisik yang berat karena berpotensi mengalami kram otot.

  1. Mual hingga Muntah

Anda berpotensi mengalami mual hingga muntah jika makan kenyang sebelum berenang. Risiko tersebut makin besar jika jeda makan kenyang dan berenang semakin dekat. Untuk mengantisipasi hal tersebut disarankan untuk memberi jeda minimal 30 menit. Setelah makan, Anda disarankan untuk istirahat. Selain itu disarankan pula untuk pemanasan untuk melenturkan otot. Lakukan pemanasan ringan untuk menghindari begah dan kekenyangan.

  1. Heartburn

Heartburn adalah rasa perih dan panas di dada. Sensasinya seperti panas hingga rasa terbakar. Kondisi ini sangat mungkin terjadi jika Anda makan kenyang sebelum olahraga renang. Gangguan kesehatan ini muncul dengan rasa mual hingga rasa kurang nyaman di perut lalu menjalar ke dada hingga kerongkongan. Untuk menghindari ini, usahakan untuk makan buah atau sayur dan hindari mengonsumsi pemicu heartburn seperti soda, minuman beralkohol, atau makanan pedas.

Aturan Makan Sebelum Renang

Untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan, perenang dianjurkan untuk tidak makan secara berlebihan. Selain itu disarankan untuk memberikan jeda antara makan dan berenang. Jenis makanan yang dimakan pun harus diperhatikan.

Atlet renang biasanya akan diberikan makanan sehat yang mengandung serat dan energi, misalnya kacang, ubi, roti gandum, dan sebagainya. Hindari makanan junkfood secara berlebih. Setelah makan cukup, atlet disarankan untuk pemanasan ringan untuk melenturkan otot dan menghindari kram otot.

Makan setelah berenang juga boleh dilakukan untuk memulihkan otot dan menambah energi yang habis karena olahraga. Makanan yang boleh dimakan setelah berenang adalah yang mengandung karbohidrat dan protein. Namun dianjurkan untuk mengonsumsi makanan dengan diselingi waktu minimal 30 menit hingga 1 jam. Jenis makanan yang bisa dikonsumsi seperti daging, buah, susu, dan sebagainya.

Itulah informasi tentang berenang setelah makan. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.