Bagikan:

YOGYAKARTA – Saat beraktivitas di luar ruangan, dermatolog dan pakar perawatan kulit merekomendasikan harus memakai tabir surya. Tujuannya untuk menjaga kulit tidak terpapar UVA maupun UVB yang berdampak buruk. Kulit yang terpapar matahari langsung, bisa berisiko mengalami penuaan dini bahkan terkena kanker kulit. Lantas bagaimana dengan tabir surya untuk bibir? Berapa tingkat SPF paling tepat dan apa alasannya? Berikut penjelasan lengkapnya.

Area bibir tidak hanya dipakaikan perona saja supaya indah. Tetapi juga perlu dilindungi serta dirawat dengan tepat. Bagian wajah yang satu ini, tampaknya kerap luput diperhatikan. Artinya, penting mengetahui bahwa bibir perlu dipakaikan tabir surya. Alasannya, tabir surya untuk bibir yang mengandung SPF bermanfaat bagi kesehatan bibir secara keseluruhan.

Dokter kulit bersertifikat Marisa Garshick mengatakan bahwa produk bibir yang diformulasikan dengan SPF menutrisi bibir, menjaga dari kerusakan akibat terpapar UV, dan membuatnya tampak sehat tidak dehidrasi.Tanpa perlindungan, bibir bisa mengalami hiperpigmentasi dan dalam kasus yang lebih buruk bisa terkena kanker kulit.

alasan memakai tabir surya untuk bibir spf 30
Ilustrasi alasan memakai tabir surya untuk bibir spf 30 (Freepik/EyeEm)

Perlu diketahui, kulit bibir tipis dan kekurangan melanin. Jadi perlindungan terhadap bibir dari paparan matahari penting sekali. Jika tidak menggunakan produk bibir yang mengandung tabir surya setiap hari, khususnya mengandung SPF, sinar UV dapat mengenai bibir dan menyebabkan bibir kering, pecah-pecah, dan terbakar matahari. Semakin banyak paparan sinar matahari yang diterima bibir, semakin tinggi risiko kerusakan akibat sinar matahari dan bintik hitam yang dapat menyebabkan garis-garis halus dan kerutan di sekitar bibir.

Alasan kedua, menurut ahli kimia kosmetik AJ Addae dilansir Byrdie, Senin, 19 Agustus, produk bibir dengan SPF memberikan perlindungan terhadap sinar matahari dan bermanfaat mengandung antioksidan. Oleh karena itu, kalau Anda memakai tabir surya untuk bibir dengan SPF tak perlu khawatir mengalami penuaan dini dan muncul kerutan lebih cepat daripada bertambahnya usia.

Untuk mendapatkan manfaat berlipat, penting juga memperhatikan komposisi tabir surya untuk bibir. Sebagian besar, produk tabir surya bibir mengandung humektan yang menghidrasi bibir. Tetapi pilihlah yang kandungannya pas. Seperti mengandung asam hialuronat, ceramide, gliserin, atau emolien seperti minyak kelapa, shea butter, dan petrolatum. Emolien tersebut membantu melembutkan kulit bibir.

Kalau Anda masih bingung berapa SPF dalam tabir surya untuk bibir yang pas? Menurut Addae, gunakan tabir surya untuk bibir dengan SPF 30 atau lebih tinggi setiap hari. Sarannya, aplikasikan ulang setiap dua jam. Kalau Anda cenderung menjilat atau menggigit-gigit bibir, Anda perlu mengoleskan lebih sering. Tak perlu cemas, Anda bisa memakai tabir surya untuk bibir sebelum memakai lipgloss atau lipstik. Atau bisa memakai produk sunscreen untuk bibir yang diformulasikan dengan berbagai shade warna.