Rekomendasi Ide Bisnis Sustainable dengan Profit Besar dan Memiliki Nilai Ekologi
Ide bisnis sustainable (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Salah satu indikator bisnis yang baik adalah bisnis yang bersifat sustainable atau mampu bertahan untuk jangka waktu lama. Bisnis yang sustainable akan memberikan keuntungan yang konsisten dan terus berkembang di tengah persaingan pasar yang ketat. Jika Anda ingin menjalankan usaha yang seperti ini, ada beberapa ide bisnis sustainable yang bisa Anda pilih.

Sustainable business atau bisnis yang berkelanjutan adalah bisnis yang dapat memberikan manfaat baik dalam jangka waktu pendek maupun jangka panjang secara berkesinambungan. Sustainable bisnis tidak hanya menghasilkan keuntungan terus-menerus, namun juga dapat menerapkan nilai-nilai sosial hingga lingkungan.

Bisnis yang berkelanjutan mempunyai fokus pada konsep bisnis yang ramah lingkungan di samping meraup profit sebesar-besarnya. Di era sekarang banyak pelaku usaha yang mencari ide bisnis sustainable. 

Ide Bisnis Sustainable

Berikut ini beberapa tips atau ide bisnis sustainable yang dapat Anda pilih:

Fashion Daur Ulang

Salah satu bisnis sustainable yang bisa Anda coba adalah usaha fashion daur ulang. Bisnis ini memproduksi dan menjual pakaian dan aksesori menggunakan bahan-bahan organik serta ramah lingkungan. Anda bisa  bahan organik atau bahan daur ulang untuk menciptakan pakaian, seperti memanfaatkan bahan dari botol plastik yang didaur ulang atau serat kayu dari hutan yang dikelola secara berkelanjutan.

Selain itu, Anda juga bisa membuka bisnis persewaan pakaian untuk mendorong pola konsumsi yang lebih berkelanjutan. Anda bisa menyediakan pakaian-pakaian untuk disewa para konsumen selama masa waktu tertentu. Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah mengadopsi teknologi efisien dalam produksi pakaian, termasuk menggunakan mesin jahit hemat energi dan menggunakan teknik produksi dengan pewarna alami.

Transportasi Ramah Lingkungan

Transportasi ramah lingkungan juga bisa jadi ide bisnis sustainable yang bisa Anda pilih. Contoh transportasi yang bisa Anda jadikan untuk bisnis adalah sektor sepeda listrik dan sepeda motor listrik, yang mana ramah lingkungan dan juga ekonomis. 

Kedua jenis kendaraan tersebut tidak hanya bebas dari emisi dan bahan bakar, namun juga memiliki efisiensi energi yang tinggi. Membuka jasa penyewaan transportasi ramah lingkungan dapat berkontribusi memperbaiki kualitas udara di perkotaan. 

Pengelolaan Limbah

Bisnis pengelolaan limbah sedang mengalami tren kenaikan popularitas sejak beberapa waktu belakangan. Para pelaku usaha di sektor ini memulai kegiatan pengelolaan limbah dengan mengubah sampah menjadi bahan yang bisa dimanfaatkan kembali. 

Misalnya dengan pengolahan limbah organik, seperti pengomposan, pengolahan anaerobik, fermentasi, vermikompos, pengolahan limbah dari peternakan, pengelolaan air limbah, serta pengelolaan limbah rumah tangga.

Selain itu, Anda juga bisa menjalankan usaha pengelolaan limbah elektronik, yang mencakup daur ulang komponen elektronik, pengelolaan baterai, dan pengelolaan kabel bersama aksesorisnya. Anda juga bisa melakukan pengolahan limbah medis, seperti tindakan pembersihan dan sanitasi, penjualan produk ramah lingkungan, serta usaha berbasis teknologi medis.

Ekowisata

Ide bisnis sustainable lainnya yang menarik untuk dijalankan adalah wisata alam atau ekowisata. Bisnis ini mengedepankan pesona alam dan ekosistem, sambil memberikan pendidikan mengenai keragaman hayati serta perlindungan terhadap lingkungan.

Contoh bisnis ekowisata yang bisa Anda jalankan seperti jasa travel ekologis. Bisnis ini bertujuan mempromosikan pariwisata yang menjaga lingkungan, dengan menawarkan program konservasi dan prinsip keberlanjutan. Selain itu, akomodasi yang disediakan didesain menggunakan bahan-bahan alami dan sumber energi terbarukan, serta menerapkan praktik manajemen limbah yang optimal.

Dalam konsep bisnis ekowisata, Anda juga bisa membuka restoran yang berbasis pada lingkungan, seperti menawarkan hidangan organik dan lokal yang dihasilkan dengan pendekatan yang ramah lingkungan serta mengelola limbah dan sumber daya alam.

Pertanian Organik

Pertanian organik juga jadi salah satu ide bisnis sustainable yang bisa Anda pilih. Anda bisa memulai usaha pertanian organik dengan menghasilkan tanaman dan sayuran tanpa menggunakan bahan kimia berbahaya. Pertanian organik menghasilkan produk yang lebih sehat serta berkontribusi pada pelestarian lingkungan. 

Contoh bisnis pertanian organik yang bisa Anda coba seperti sayuran, buah-buahan, biji-bijian, dan rempah-rempah, yang dibudidaya tanpa menggunakan pestisida atau pupuk buatan. Selain itu, Anda juga bisa  menjalankan bisnis pengelolaan hewan seperti sapi, kambing, ayam, dan babi tanpa menggunakan antibiotik dan pakan yang mengandung bahan kimia buatan.

Demikianlah rekomendasi ide bisnis sustainable yang bisa Anda coba. Sejumlah contoh bisnis di atas akan mendatangkan keuntungan secara terus-menerus apabila dijalankan dengan strategi yang tepat. Tidak hanya menghasilkan profit, bisnis-bisnis tersebut juga memberikan nilai sosial dan lingkungan. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.