Indonesia Punya 15 Proyek CCS dan CCUS Senilai 7,97 Miliar Dolar AS
Menteri ESDM Arifin Tasrif (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengatakan jika saat ini Indonesia memiliki 15 proyek Carbon Capture Storage (CCS) dan Carbon Capture Utilization and Storage (CCUS).

"Proyeknini dalam berbagai tahap, sebagian besar ditargetkan beroperasi pada tahun 2030, dengan perkiraan investasi sebesar 7,97 miliar dolar AS," ujar Arifin dalam sambutannya pada The International Convention on Indonesian Upstream Oil and Gas (ICIOG) 2023 di Bali Nusa Dua Convention Center, Kamis, 21 September.

Arifin menjelaskan pemerintah juga telah menetapkan Peraturan Menteri tentang CCS/CCUS pada kegiatan hulu migas yang mencakup aspek teknis, bisnis, hukum, dan ekonomi," lanjut Arifin.

Kata Arifin, hal ini menunjukkan komitmen pemerintah untuk menciptakan sektor migas yang rendah emisi sekaligus mendorong peningkatan produksi migas.

Sebelumnya pada kesempatan terpisah Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Tutuka Ariadji mengungkapkan Indonesia akan menjadi pendukung CCS dan pelopor penerapan CCS di kawasan Asia Tenggara, menyusul negara Asia lainnya, seperti Jepang dan China yang telah memiliki rencana strategis dan kebijakan nasional terkait CCS/CCUS.

Thailand dan Malaysia juga akan mengambil langkah pengembangan undang-undang penyimpanan karbon. Dia bilang, Kementerian ESDM tengah menyiapkan kerangka aturan CCS di luar kegiatan hulu minyak dan gas bumi (migas). Aturan tersebut dibentuk untuk mendukung penurunan emisi dari industri lainnya.

Menurut Tutuka, penguatan kerangka peraturan ini juga memungkinkan Indonesia menjadi CCS Hub di kawasan Asia Tenggara. Lebih jauh, ia menjelaskan, jika subsektor migas akan tetap kritis di masa transisi energi.

Indonesia sendiri telah menetapkan target produksi migas nasional pada tahun 2030, dan pada saat yang bersamaan berupaya untuk mengurangi emisi Gas Rumah Kaca (GRK) untuk pencapaian Net Zero Emission (NZE).

Terkait