Bagikan:

YOGYAKARTA - Grand opening atau pembukaan perdana sebuah bisnis menjadi momen yang dinantikan pemilik usaha maupun calon pelanggannya. Misalnya ketika Anda ingin merilis restoran atau kafe. Ada beberapa ide grand opening seru dan mengesankan yang bisa Anda terapkan. 

Pemilik bisnis perlu merencanakan konsep opening restoran secara matang. Persiapan grand opening bisa selama berhari-hari hingga berbulan-bulan. Pembukaan pertama kali ini memang harus diadakan secara menarik dan lancar agar berkesan di hati tamu undangan dan pelanggan. 

Penyelenggaraan grand opening yang sukses bisa menjadi bagian dari pemasaran bisnis itu sendiri. Lantas apa saja ide grand opening yang dapat memberikan daya tarik atau antusias tinggi kepada masyarakat, khususnya target marketnya?

Ide Grand Opening Bisnis

Grand opening adalah pertemuan atau acara yang diadakan untuk memperkenalkan suatu produk atau bisnis kepada masyarakat. Acara ini jga diadakan untuk memberitahu kepada masyarakat bahwa bisnis tersebut sudah mulai beroperasi.

Setiap owner maupun tim bisnis pastinya ingin mengadakan grand opening yang heboh atau mengundang keramaian baik secara offline maupun online. Berikut ini beberapa ide grand opening yang mungkin bisa diaplikasikan pada bisnis Anda. 

Mengeluarkan Maskor dan Membangun Tenda

Salah satu konsep grand opening yang cukup unik adalah menghadirkan maskot di restoran atau tokonya. Apabila bisnis Anda punya maskot merek, buatlah kostum dan tugaskan orang untuk beraksi di dalamnya. Anda bisa mengeluarkan maskot dan mendirikan tenda di depan tempat bisnis Anda. 

Adanya maskot ini bisa menginformasikan kepada orang-orang bahwa sedang berlangsung acara pembukaan besar di dalam toko. Anda juga dapat menyiapkan photobooth dengan maskot merek UMKM. Cara ini cukup efektif untuk membuat pelanggan tertarik berfoto dan menandai bisnis Anda di media sosial.

Membagikan Produk kepada Pengunjung Pertama

Konsep grand opening lainnya yang tak kalah menarik adalah membagikan produk gratis kepada pelanggan. Berikan sampel atau produk gratis kepada beberapa pengunjung pertama yang datang ke acara grand opening restoran atau toko Anda. 

Grand opening model seperti ini cukup efektif menarik minat orang-orang utnuk mencoba dan mengenal lebih jauh produk Anda. Misalnya Anda membuka kedai eskrim di kota tertentu maka sampaikan promosi akan membagikan 100 eskrim kepada pelanggan pertama.  

Mengundang Organisasi atau Pihak-Pihak Tertentu

Dalam mengadakan grand opening, pemilik bisnis juga bisa mengundang organisasi atau pihak-pihak tertentu, khususnya yang miliki kaitan dengan bisnis Anda. Misalnya Anda mengundang tokoh-tokoh berpengaruh di sekitar lokasi, seperti politisi, polisi, anggota dewan, organisasi non-profit, serta anggota media berita.

Misalnya jika Anda membuka restoran sea food di Sleman, Jogja, Anda bisa mengundang Bupati dari kabupaten ini. Selain itu, Anda juga bisa mengundang tokoh pemuda, pengusaha, infuencer setempat, hingga media lokal maupun nasional jika diperlukan. 

Kerjasama Promosi dengan Influencer

Undanglah influencer lokal, blogger, reviewer, dan pembicara ke acara pembukaan besar UMKM karena mereka memiliki basis penggemar yang besar. Jika restoran atau toko Anda memperoleh ulasan positif atau penyebutan dari mereka, maka bisa kunjungan dan brand awareness. 

Para infuncer ini memiliki followers yang akan ikut tertarik membeli produk atau mengunjungi restoran Anda. Jadi pastikan juga untuk mengundang influencer yang relevan dengan bisnis dan produk/layanan yang ditawarkan. Penelitian Econsultancy 2020 menunjukkan bahwa 61% konsumen berusia 18 hingga 34 tahun dipengaruhi oleh influencer dalam pengambilan keputusan mereka.

Demonstrasi atau Lokakarya

Tawarkan demonstrasi atau lokakarya jika UMKM menawarkan produk yang bermanfaat. Konsep grand opening ini bisa menjadi cara yang baik untuk menunjukkan nilai produk dan cara penggunaannya dengan benar.

Mengadakan demonstrasi produk atau layanan bisa membantu konsumen lebih memahaminya apa yang Anda tawarkan dan meningkatkan potensi mereka untuk tertarik membeli.

Memasang Banner Coming Soon

Metode paling efektif untuk menarik perhatian masyarakat sekitar terhadap gand opening restoran atau toko Anda adalah memasang banner pemberitahuan. Buatkan banner bertuliskan 'Coming Soon' dengan desain yang mencolok. 

Banner ‘Coming Soon’ yang terpajang di depan restoran atau toko Anda bisa membuat orang-orang yang lewat jadi penasaran. Adanya banner ini dapat menimbulkan rasa penasaran pada pembukaan perdana bisnis Anda.

Demikianlah beberapa ide grand opening yang bisa Anda terapkan pada pembukaan restoran atau toko Anda. Buatkan acara grand opening yang berkonsep menarik untuk menarik pengunjung. Baca juga ide usaha tahun 2024 yang bisa Anda coba. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.