Bagikan:

YOGYAKARTA – Pemanfaatan kecerdasan buatan (AI/Artificial Intelligence) bisa memberikan dampak positif bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Salah satu manfaat AI untuk UMKM berkaitan dengan pemasaran. Penggunaan teknologi AI bisa mempercantik gambar jualan, membuat caption atau deskripsi produk yang menarik.

Selain itu, AI juga dapat membantu UMKM dalam meningkatkan produktivitas dan efisiensi bisnis, yang tentunya bisa berdampak pada peningkatan pendapatan.

Lantas, apa saja rekomendasi AI untuk UMKM? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Rekomendasi AI untuk UMKM

Dirangkum dari berbagai sumber, Jumat, 29 Desember 2023, berikut deretan AI yang bisa dimanfaatkan pelaku UMKM untuk mengembangkan bisnisnya:

1. Copy.ai

Aplikasi ini memungkinkan pelaku UMKM untuk menulis berbagai materi seperti iklan, media sosial, website, surat, dan lain sebagainya.

Fitur berbasis AI yang tersedia di aplikasi ini bisa menghindarkan penggunannya dari writer’s block sehingga akan meningkatkan produktivitas kerja.

Cara menggunakan aplikasi ini juga sangat mudah. Anda hanya perlu memberikan intruksi dan secara otomatis Copy.ai akan menyediakan berbagai pilihan alternatifnya.

2. Design.ai

Aplikasi berbasis website ini dapat dimanfaatkan oleh pelaku UMKM untuk membuat logo, video, banner, dan mockup.

Dengan dukungan teknologi AI, platform ini dapat membantu menghemat biaya, waktu dan alur kerja.

3. ChatGPT

ChatGPT merupakan chatbot berbasis AI yang dikembangkan oleh OpenAI. ChatGPT bisa digunakan untuk membantu perkembangan bisnis UMKM.

Adapun beberapa manfaat ChatGP untuk UMKM antara lain:

  • Membantu merencanakan strategi pemasaran melalui media sosial dengan memberikan saran dan ide-ide yang efektif.
  • Menyajikan informasi tentang tren pasar terbaru untuk mengembangkan strategi marketing yang sesuai dengan kebutuhan pasar.
  • Membantu merencanakan kampanye pemasaran dan memberikan saran tentang pesan iklan yang tepat guna menarik perhatian konsumen.
  • Meningkatkan interaksi dengan pelanggan melalui chatbot yang dapat membantu dalam memilih produk, memberikan informasi promo, serta memproses pesanan dengan lebih cepat dan efisien.
  • Dapat menganalisis data tentang prilaku pelanggan, tren penjualan, dan informasi lainnya untuk merencanakan strategi pemasaran yang lebih efektif.

4. DALL E

Sama dengan ChatGP, DALL E juga merupakan aplikasi berbasis AI yang dikembangkan oleh OpenAI. Aplikasi ini dapat memberikan banyak manfaat untuk pelaku UMKM, seperti:

  • Membuat gambar produk yang unik dan menarik, sehingga menghemat waktu dan biaya dalam produksi gambar.
  • Meningkatkan branding produk.
  • Meningkatkan penjualan produk.
  • Meningkatkan kecepatan pemasaran produk.

5. Salesforce Einstein

Salesforce Einstein merupakan platform berbasis AI yang dirancang khusus untuk mengembangkan bisnis.

Pelaku UMKM dapat memanfaatkan aplikasi ini untuk mengotomatiskan tugas-tugas, seperti pengiriman email, pembuatan laporan, dan pemrosesan sebuah pesanan.

Tak cukup sampai disitu, Salesforce Einstein juga bisa bekerja dengan mengkustomisasi user experience pelanggan lewat data yang sudah dikumpulkan dan diolah.

Keunggulan lainnya, aplikasi ini bisa mengkustomisasi email marketing ke pelanggan tertentu, menyelesaikan permasalahan umum dengan cepat, memprediksi calon pelanggan potensial, dan membuat deskripsi produk.

Demikian informasi tentang AI untuk UMKM. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.