Revitalisasi Rampung, TMII Bakal Diresmikan Awal September
Foto: Mery Handayani/VOI

Bagikan:

JAKARTA - Taman Mini Indonesia Indah (TMII) akan grand opening pada bulan September mendatang. Saat ini, TMII memang sudah dibuka, namun masih bersifat terbatas.

Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney Maya Watono mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang akan meresmikan TMII. Namun, Maya mengaku belum mendapat tanggal pastinya. Seperti diketahui, sebelumnya pemerintah merevitalisasi TMII.

“Untuk tanggal pastinya kita belum confirm. Tapi betul kemungkinan di awal September. Tunggu tanggal mainnya kita belum dapat konfirmasi. Kita sedang menunggu,” kata Maya saat konferensi pers di TMII, Jakarta, Kamis, 24 Agustus.

Kata Maya, InJourney sebagai induk holding BUMN pariwisata dan pendukung punya tugas besar dalam memaksimalkan potensi pariwisata Indonesia. Salah satunya dengan melakukan revitalisasi TMII.

Usai revitalisasi, TMII kini menghadirkan berbagai atraksi dan wahana baru untuk menarik wisatawan datang. Salah satu yang menjadi andalan ialah Danau Archipelago.

Sementara itu, Direktur Utama PT Bhumi Visatanda (Pengelola TMII) Claudia Ingkiriwang mengatakan Danau Archipelago ini dijadikan ikon utama TMII yang dilengkapi dengan atraksi air mancur atau Dancing Fountain Show dengan tema cerita rakyat Indonesia.

“Dancing Fountain Show ini nantinya dapat dinikmati wisatawan yang berkunjung ke TMII,” tuturnya.

Claudia berharap dengan konsep baru yang diusung, jumlah pengunjung diharapkan dapat terus meningkat.

“Tahun 2023, jumlah pengunjung TMII ditargetkan bisa mencapai 6 juta pengunjung atau rata-rata 16.000 pengunjung setiap hari,” katanya.