Presiden Jokowi Resmikan Wajah Baru TMII
Tangkapan layar - Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat berpidato dalam acara peresmian wajah baru Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Bagikan:

JAKRTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan proyek revitalisasi wajah baru Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jumat malam, yang menelan dana total Rp1 triliun lebih.

"Alhamdulillah revitalisasi TMII sejak Januari 2022, pada hari ini telah selesai yang menelan anggaran Rp1 triliun, Rp70 miliar, plus Rp200 miliar dari PT InJourney," kata Presiden Jokowi dalam pidato Peresmian Renovasi TMII diikuti dari YouTube Sekretariat Presiden dilansir ANTARA, Jumat, 1 September.

Melalui peresmian tersebut, Presiden berharap masyarakat bisa menikmati dan mengunjungi wajah baru TMII yang tertata rapi, lebih hijau, lebih indah dan lebih nyaman.

Proyek tersebut, kata Jokowi, sekaligus mengembalikan TMII ke rencana induk kawasan, yaitu 70 persen ruang terbuka hijau dan 30 persen bangunan.

"Revitalisasi ini sekaligus mengembalikan bagaimana semangat awal yang digagas Ibu Tien Soeharto dan kalau siang mestinya TMII sekarang ini bisa lebih sejuk, karena konsepnya telah dikembalikan seperti masterplan awal, yaitu 70 persen ruang terbuka hijau dan 30 persen bangunan," ujarnya.

Jokowi mengatakan sebanyak 33 anjungan daerah berikut fasilitas museum pada destinasi wisata yang mengusung tema Jelajah Indonesia itu telah dipercantik dengan konsep inclusive, culture, dan smart.

"Saya yakin, dengan wajah baru TMII ini, akan menjadi sebuah ikon besar pariwisata di Jakarta dan tentu juga di Indonesia," katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan revitalisasi TMII digarap melalui kolaborasi Kementerian Sekretariat Negara, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, serta Kementerian BUMN.

"Kami juga bersama BUMN inJourney menginvestasikan lebih kurang Rp200 miliar untuk beutification dan hal lainnya," katanya.