Menteri Basuki Pastikan Penyelesaian Rehabilitasi JCC untuk KTT ASEAN 2023 Masih Sesuai Jadwal
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Panitia Nasional Persiapan Penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ke-43 ASEAN Tahun 2023, di Kampus Kementerian PUPR, Selasa, 15 Agustus.

Salah satu dukungan infrastruktur yang sedang dikerjakan Kementerian PUPR adalah rehabilitasi Jakarta Convention Center (JCC) sebagai venue utama dan peningkatan kualitas jalan di dalam kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta.

"Kami kira, untuk persiapan JCC penggunaan tata ruangnya dan skedul rehabilitasinya sudah sesuai dan akan selesai 25 Agustus 2023. Jadi, sebelum Bapak Presiden meninjau persiapan akhir diharapkan sudah selesai," kata Menteri Basuki.

Basuki juga menyarankan untuk dilakukan penyiraman rumput-rumput pada lansekap venue utama, khususnya di kawasan JCC, Hutan Kota Plataran, dan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yang rencananya menjadi lokasi spouse program yang dihadiri para ibu negara tersebut.

"Tolong betul karena ini masih musim kemarau,seperti prediksi Badan Meterologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) rumput-rumput yang kering disiram. Tadi disampaikan akan ada TMC (Teknologi Modifikasi Cuaca) tolong disiapkan betul," ujarnya.

Sejak Oktober 2022, Kementerian PUPR telah menyelesaikan renovasi Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yang direncanakan menjadi lokasi spouse program rangkaian KTT ASEAN ke-43 di Jakarta. Area penataan meliputi renovasi bangunan seluas 7,71 hektare (ha) dan kawasan seluas 26,56 ha dengan total anggaran Rp1,08 triliun.

Adapun rehabilitasi JCC telah dikerjakan Kementerian PUPR melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Jakarta Metro Ditjen Cipta Karya sejak 12 Juni 2023, yang terdiri dari 4 Zona, yakni Zona 1 (Lower Ground) meliputi pekerjaan arsitektur Kasuari Lounge, Merak Room, Nuri Room, Maleo Room, Kenari Room, Kakatua Room, Lower Lobby Pre Function, Summit Room, Summit Lounge, walkway (ke Hotel Sultan), musala, dan toilet.

Zona 2 (Ground Floor) terdiri dari pekerjaan arsitektur Assembly Hall, Main Lobby, Cendrawasih Hall dan Koridor, Prefunction Hall A, serta VIP Room dan toilet (Cendrawasih) dengan progres mencapai 65 persen.

Zona 3 (Ground) terdiri dari penanganan plenary hall dan koridor serta president area. Terakhir, Zona 4 (Ground) berupa pemasangan kanopi, penataan drop off, taman depan, taman samping, toilet, dan musala outdoor.

Kemudian, Kementerian PUPR melalui Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) DKI Jakarta-Jawa Barat sejak 31 Juli 2023, juga mendukung peningkatan konektivitas melalui pekerjaan preservasi jalan di dalam kawasan Gelora Bung Karno sepanjang 4,67 kilometer (km).