Bagikan:

YOGYAKARTA – Akupunktur dilakukan pada titik-titik tertentu tubuh. Mirip seperti Emotional Freedom Technique (EFT) yang mengetuk-ngetuk titik tertentu pada tubuh dengan tujuan tertentu. Mengetuk-ngetuk atau tapping pada EFT, adalah terapi pikiran-tubuh yang mengacu pada praktik akupunktur dan digunakan psikologi modern untuk menetralisir perasaan tidak nyaman, kekhawatiran, dan afirmasi positif. Penelitian menunjukkan bahwa EFT tapping dapat menghilangkan stres, mengurangi hasrat tertentu, meningkatkan kinerja, bahkan membantu meringankan gejala gangguan stres pasca-trauma (PTSD). Lebih lengkapnya, ketahui manfaat EFT dan titik mana saja yang diketuk-ketuk untuk mendapatkan manfaat tersebut.

Manfaat Emotional Freedom Technique (EFT)

Banyak orang menggunakan titik akupunktur untuk mengobati penyakit sejak ribuan tahun lalu. Akupunktur menggunakan jarum, tetapi pendekatan EFT yang dikembangkan Gary Craig pada 1990-an yang terinspirasi psikolog klinis Roger Callahan, Ph.D. dan hanya perlu dilakukan selama lima menit. Menurut psikolog klinis dan kesehatan bersertifikat di Bond University, Queensland, Peta Stapleton, Ph.D., EFT mirip akupunktur karena menggunakan titik teknik tersebut untuk di tap-tap. Manfaatnya, berikut di bawah ini:

1. Meredakan stres dan kecemasan

EFT mungkin menenangkan amigdala, pusat stres di otak yang tegang saat stres dan cemas. Menurut penelitian dilansir EverydayHealth, Kamis, 10 Agustus, menemukan bahwa EFT menurunkan kortisol secara signifikan. Para peneliti mencatat bahwa EFT mungkin merupakan metode yang efektif untuk menurunkan stres baik dalam aplikasi standar maupun klinis.

manfaat emotional freedom technique dan caranya untuk relaksasi
Ilustrasi manfaat emotional freedom technique dan caranya untuk relaksasi (Freepik/katemangostar)

2. Membantu menurunkan berat badan

Mengetuk titik tubuh tertentu membantu orang yang menurunkan berat badan dengan mengurangi keinginan makan. Dawson Church, Ph.D., pelatih EFT bersertifikat mengatakan bahwa kalau Anda harus membatasi makanan tertentu dalam program diet, bisa melakukan teknik EFT dan keinginan mengonsumsi makanan tersebut mereda setelah mengulanginya esok dan lusa.

Penelitian juga membuktikan bahwa EFT tapping membuat perubahan di bagian otak yang memicu rasa lapar dalam tubuh. Menurut hasil laporan yang memindai bagian otak dari 15 orang dewasa yang gemuk, menunjukkan perubahan bagian otak yang mengaktifkan keinginan makan. Studi kecil yang melibatkan 76 pelaku diet ini, mempraktikkan teknik EFT untuk menurunkan berat badan rata-rata 1 pon selama seminggu kursus.

3. Menenangkan depresi dan rasa sakit

Penelitian menunjukkan bahwa tapping juga dapat mengatasi depresi, rasa sakit, dan hasrat makan. Mengetuk dalam teknik EFT juga efektif mengobati depresi daripada latihan napas atau wawancara suportif.

Penelitian yang diterbitkan pada Februari 2019 di Journal of evidence-Based Integrative Medicine menemukan bahwa 203 orang yang menjalani lokakarya pelatihan EFT klinis selama empat hari mengalami penurunan yang signifikan dalam detak jantung istirahat, tekanan darah, dan kortisol. Mereka juga melihat pemulihan kecemasan, depresi, PTSD, rasa sakit, dan mengidam yang signifikan.

4. Membantu mengobati PTSD dan trauma

Dalam pengobatan di lingkungan klinis, EFT telah dipelajari secara ekstensif pada orang dengan PTSD dan trauma. Pengobatan ini efektif untuk beberapa orang yang dilakukan dengan pendekatan terapeutik dari praktisi berlisensi.

manfaat emotional freedom technique dan caranya untuk relaksasi
Ilustrasi manfaat emotional freedom technique dan caranya untuk relaksasi (Freepik/rawpixel.com)

Church merekomendasikan untuk melakukan EFT sendiri bertujuan mengatasi stres sehari-hari. Cara yang bisa dilakukan, kenali titik-titik tapping berikut ini.

Titik-titik EFT tapping

Tubuh manusia memiliki lebih dari 2.000 titik akupunktur dan dihubungkan oleh jalur meridian. Jalur ini merupakan jalur energi hidup atau disebut “Chi” yang bertanggung jawab atas kesehatan secara keseluruhan. Untuk melakukan emotional freedom technique, Anda bisa mengetuk-ngetuk titik berikut ini dengan hitungan dan ritme yang seragam. Titik tersebut antara lain:

  1. Alis (EB): Di mana alis mulai di pangkal hidung
  2. Side of the Eye (SE): Pada tulang di sepanjang bagian luar salah satu mata
  3. Under the Eye (UE): Di bagian atas tulang pipi di bawah salah satu mata
  4. Under the Nose (UN): Area di bawah hidung dan di atas bibir atas
  5. Chin Point (Ch): Lipatan antara bibir bawah dan dagu
  6. Collarbone Point (CB): Sekitar dua inci di bawah dan ke samping tempat tulang selangka Anda bertemu
  7. Under the Arm (UA): Di setiap sisi, sekitar empat inci di bawah ketiak
  8. Top of the Head (TOH): Langsung di ubun-ubun kepala Anda
  9. Karate Chop (KC): Tepi luar tangan, di sisi berlawanan dari ibu jari

Dalam melakukan tapping, Anda perlu membuat pernyataan dan mengidentifikasi situasi yang mengganggu perasaan Anda. Misalnya, “Meskipun saya kewalahan dengan pekerjaan, saya menerima diri saya secara mendalam dan sepenuhnya”. Lebih jauh lagi, teknik terapi EFT dengan mengetuk-ngetuk titik-titik di atas, perlu dilakukan dengan penegasan positif untuk menetralisir pikiran negatif.