Akupuntur Wajah untuk Memudarkan Garis Halus dan Keriput, Apakah Efektif?
Ilustrasi mengenal manfaat akupuntur wajah untuk kecantikan (Pexels/Antoni Shkraba)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Akupuntur wajah telah ada sejak berabad lalu dalam budaya Cina kuno. Mereka memakai akupuntur sebagai pengobatan tradisional. Selain itu, akupuntur juga dilakukan di wajah yang berguna mengurangi keriput dan garis halus tanda penuaan.

Akupuntur adalah praktik pengobatan integratif yang melibatkan penusukan kulit atau jaringan dengan jarum kecil dan tipis pada titik anatomis tertentu. Melansir MindBodyGreen Lifestyle, Senin, 19 September, akupuntur wajah adalah akupuntur yang dilakukan pada wajah. Sama seperti akupuntur yang berfokus pada tubuh, dalam budaya Timur, praktik ini juga telah dijalankan selama ratusan tahun. Pada tahun-tahun terakhir ini, praktik akupuntur wajah dilakukan juga di Barat.

Menurut Cyntia Gorman, M.S., L. Ac., ahli akupuntur yang berbasis di New York City, banyak orang yang semakin peduli dengan kesehatan kulit mereka. Banyak klien yang datang pada Gorman untuk mencari alternatif alami suntikan.

manfaat akupuntur wajah untuk kecantikan
Ilustrasi mengenal manfaat akupuntur wajah untuk kecantikan (Pexels/Rodnae Productions)

Satu penelitian menunjukkan kemanjuran akupuntur wajah dalam mengobati lipatan nasolabial dan kerutan mata pada peserta berusia 20 hingga akhir 70-an. Penelitian ini menyimpulkan bahwa akupuntur wajah dapat memperbaiki penampilan. Kata para peneliti, teknik akupuntur adalah metode yang aman dan efektif untuk memperbaiki kondisi wajah.

Studi lainnya, menunjukkan seberapa efektif akupuntur sebagai ‘kosmetik’ wajah. Lebih spesifik lagi dapat meningkatkan elastisitas kulit wajah. Hasil dari penelitian tersebut, terdapat peningkatan signifikan pada kulit wajah perempuan usia 40 hingga 59 tahun setelah akupuntur selama lima kali.

Para ahli menduga praktik akupuntur dapat mengurangi garis-garis halus dan kerutan dengan memicu beberapa mekanisme berbeda di kulit. Menurut ahli kecantikan holistik langganan para selebriti, Tammy Fender, akupuntur bekerja dengan mendukung pelepasan ketegangan pada otot-otot wajah. Selain itu, akupuntur wajah juga dapat mendorong sirkulasi, penyegaran kembali, produksi kolagen, dan mengatasi munculnya garis-garis halus.

Gorman menjelaskan secara terperinci cara kerja akupuntur wajah. Menurutnya, jarum menciptakan efek vasodilatasi sekitar tempat penyisipan. Kemudian efeknya meningkatkan sirkulasi aliran darah di wajah. Aliran darah ini mengandung sel darah merah, sel darah putih, oksigen, dan nutrisi alami lainnya untuk membantu kulit lebih cerah dan bercahaya.

Mikro trauma dari suntikan jarum akupuntur, memicu tubuh mempercepat pergantian sel. Ini yang membuat kulit kusam menjadi lebih cerah.

Selain penelitian yang menunjukkan manfaat akupuntur, WHO juga mengakui akupuntur sebagai pengobatan yang efektif untuk 28 kondisi, termasuk sakit leher, punggung, dan beberapa jenis alergi. Manfaat lain dari akupuntur dipaparkan oleh ahli akupuntur Snow Xia, L.Ac.. Katanya, akupuntur dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyembuhkan diri, meningkatkan sirkulasi darah. Bahkan akupuntur membantu meringankan rasa sakit, menyeimbangkan hormon, dan memicu saraf paratetik untuk memperbaiki suasana hati, pencernaan, serta tidur.