Sembuhkan Mual Tanpa Minum Obat, Pijat 5 Titik Akupresur Ini
Ilustrasi titik akupresur untuk mual dan muntah (Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA – Perut mual dan ingin muntah bisa dipicu oleh berbagai faktor. Seperti masuk angin atau sedang di kendaraan ketika perjalanan jauh. Salah satu cara untuk sembuhkan mual tanpa minum obat, ialah dengan memijat 5 titik akupresur.

Akupresur, dilansir Healthline, Selasa, 23 November, adalah metode pengobatan tradisional berbasis akupuntur. Bedanya, jika akupuntur memakai jarum untuk ditusukkan pada titik-titik tentu pada tubuh. Jika akupresur dengan memijat atau menekan titik-titik yang sama dengan tujuan mengendurkan otot dan meningkatkan sirkulasi darah.

Saat merasa mual yang membuat tubuh merasa tidak nyaman, Anda bisa mencoba memijat 5 titik di bawah ini dengan ibu jari atau jari telunjuk selama 2-3 menit.

1. Titik perikardium 6 (P6) atau Nei Guan

Titik Nei Guan terletak pada bagian dalam pergelangan tangan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa setelah anestesi dan operasi, ketika menekan titik perikardium 6, rasa mual bisa berangsung-angsur hilang.

Secara spesifik, letak titik Neie Guan berada di bawah otot yang kerap terlihat. Pijat bagian tengahnya dengan ibu jari dan empat jari lainnya melingkar di pergelangan tangan.

2. Titik usus besar 4 (L14) atau He Gu

Rasa mual yang diakibatkan masalah pencernaan dan sakit kepala bisa dibantu disembuhkan tanpa obat. Artinya dengan menekan titik He Gu, rasa mual bisa mereda. Titik He Gu merupakan titik usus besar 4, letaknya di antara ibu jari dan jari telunjuk.

Area pijatan bisa dikenali ketika menyatukan ibu jari dan telunjuk akan terlihat menonjol. Pijat area punggung tangan yang menonjol tersebut selama 2-3 menit dan ulangi beberapa kali.

3. Titik hati 3 (LV3) atau Tai Chong

Area pijatan dikenal ketika Anda menapakkan kaki ke lantai. Pada punggung kaki, antara ibu jari kaki dan jari lain adalah titik Tai Chong. Lakukan pijatan pada area tersebut di kedua kaki.

4. Titik limpa 4 (SP 4) atau Gongsun

Sebalik titik tai chong, atau pada bagian dalam kaki merupakan titik akupresur yang terhubung dengan limpa. Memijat titik ini bisa membantu mengatasi mual yang disebabkan oleh masalah perut.

Untuk memijat, ambil posisi duduk supaya nyaman. Hadapkan telapak kaki ke samping atau ke arah badan, pijat titik Gongsun selama beberapa menit. Tepatnya, titik Gongsun berada di bawah bola kaki.

5. Titik perut 36 (ST36) atau Zu San Li

Sedikit naik ke atas, atau di bawah tempurung lutut, disebut dengan titik perut 36 atau Zu San Li. Titik ini tidak hanya membantu mengatasi mual tetapi juga menyembuhkan masalah kesehatan lain. Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal of Pain and Symptom Management tahun 2012, menemukan bahwa penyakit asma, GERD atau asam lambung, dan stres bisa dibantu mereda dengan memijat titik Zu San Li.

Jika rasa mual tanpa alasan jelas atau tidak sembuh jika melakukan pijatan di titik-titik akupresur di atas, disarankan untuk periksa ke dokter ya. Sebab mual mungkin merupakan gejala yang serius.