7 Cara Efektif Mengatasi Sakit Perut Tanpa Minum Obat
Ilustrasi cara efektif mengatasi sakit perut tanpa minum obat (Freepik/Lifestylememory)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Sakit perut bisa disebabkan berbagai hal, seperti karena gangguan pencernaan sehingga perut terasa mulas, mual, kembung, dan penuh gas. Gejala lain sakit perut karena gangguan pencernaan, juga umumnya diikuti bersendawa, kentut, bau mulut, cegukan, atau batuk tak kunjung reda.

Untuk sakit perut yang bukan karena masalah berat, Anda bisa mengatasi secara efektif dengan cara yang akan dijelaskan di bawah ini. Namun, penting selalu memperhatikan gejala sakit perut yang dirasakan. Apabila intensitas rasa sakitnya tak tertahankan atau diikuti gejala lain yang sangat tidak nyaman, segeralah periksakan diri ke dokter. Berikut, cara efektif mengatasi sakit perut yang bisa dilakukan di rumah.

1. Minum air

Tubuh membutuhkan air untuk mencerna dan mencerap nutrisi dari makanan dan minuman secara efisien. Dehidrasi dapat membuat kerja pencernaan lebih sulit, ini juga berkemungkinan meningkatkan sakit perut. Selain itu, minum air juga bisa mengatasi mulas.

cara efektif mengatasi sakit perut tanpa minum obat
Ilustrasi cara efektif mengatasi sakit perut tanpa minum obat (Freepik)

2. Hindari posisi berbaring

Posisi berbaring dapat memicu mulas lebih intens. Untuk mengurangi intensitas gangguan pencernaan yang gejalanya muncul rasa mulas, hindari posisi berbaring. Ambil posisi duduk yang nyaman selama beberapa jam hingga rasa mulas mereda.

3. Minum teh jahe

Jahe dapat membantu mengurangi mual dan muntah pada wanita yang sedang hamil atau pasien yang menjalani kemoterapi. Orang dengan kondisi sakit perut ringan, juga bisa menambahkan jahe ke makanan mereka atau minum seduhan jahe sebagai teh.

Manfaat jahe untuk meredakan sakit perut telah dibuktikan dalam sejumlah penelitian. Dilansir Medical News Today, Kamis, 20 Juli, penelitian menunjukkan bahwa jahe bisa mengurangi mual pada mereka yang sedang hamil. Namun penting diukur, karena dosis jahe yang lebih besar bisa menyebabkan ketidaknyamanan perut.

4. Mengonsumsi buah ara

Buah ara atau figs bermanfaat sebagai pencahan untuk meredakan sembelit dan mendorong gerakan usus yang sehat. Buah ara mengandung senyawa yang dapat membantu meringankan gangguan pencernaan. Namun, bagi orang diare perlu menghindari konsumsi buah ini.

cara efektif mengatasi sakit perut tanpa minum obat
Ilustrasi cara efektif mengatasi sakit perut tanpa minum obat (Freepik/8photo)

5. Minum jus lidah buaya

Lidah buaya atau aloe vera membantu mengurangi gejala sindrom iritasi usus besar dan colitis. Profesional kesehatan menyatakan bahwa minum jus lidah buaya dapat bermanfaat meredakan gejala GERD.

6. Konsumsi kemangi

Kemangi merupakan keluarga basil. Daun beraroma ini mengandung zat yang dapat mengurangi gas. Daunnya juga mengandung kadar asam linoleat yang tinggi, yang memiliki sifat antiradang.

7. Minum teh akar licorice

Produk yang mengandung akar licorice dapat membantu meringankan gejala pencernaan.Seseorang yang sakit perut bisa mencoba minum teh akar licorice beberapa kali sehari sampai gejalanya membaik.

Teh akar licorice banyak tersedia secara online, tetapi bisa dibuat sendiri di rumah dengan mencampurkan 1 atau 2 sendok teh bubuk akar licorice dengan air mendidih. Namun licorice bisa menyebabkan efek samping, seperti peningkatan tekanan darah dan penurunan kadar kalium.

Ini mungkin sangat berbahaya bagi mereka yang memiliki tekanan darah tinggi atau penyakit ginjal atau jantung.

Ketujuh cara efektif meredakan sakit perut di atas, bisa dilakukan di rumah dan tanpa minum obat. Seperti yang telah disampaikan di awal penjelasan, bahwa apabila sakit perut diikuti gejala kronis, penting segera memeriksakan diri ke dokter sehingga mendapat diagnosis medis dan diobati secara tepat.