9 Cara Mengatasi Sakit Perut Tanpa Minum Obat, Paling Sederhana: Mandi Air Hangat
Ilustrasi cara mengatasi sakit perut tanpa minum obat (Freepik/benzoix)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Dalam kondisi yang tidak mendesak atau mengalami sakit perut karena salah menu makan, masuk angin ringan, dan gejala pra menstruasi, bisa diatasi dengan cara sederhana. Memangnya ada cara mengatasi sakit perut tanpa obat dan bisa dilakukan di rumah?

Sakit perut dapat terjadi setiap kali lapisan perut iritasi, kata Henry Herrera, MD., ahli gastroentrologi yang berbasis di Texas. Ini bisa disebabkan makan pedas dan asam, minum koktail, atau kebanyakan makan makanan penutup. Sejumlah alasan lain juga bisa memicu rasa tidak nyaman pada perut. Untuk sakit perut yang mungkin berlangsung hanya satu sampai dua jam, Anda mungkin tak memerlukan obat agar lekas sembuh. Tetapi kalau berlansung lama, cobalah untuk mengevaluasi apa yang dimakan sebelumnya. Atau mengevaluasi gejala yang dialami, jika tak berat, Anda bisa mengikuti cara berikut ini.

1. Makan yoghurt

Jika Anda menghadapi masalah perut yang konstan, seperti kembung. Makan yoghurt bisa membantu memperbaiki sistem pencernaan Anda. Meski tidak membuat nyaman, tetapi kembung pada umumnya tidak perlu dikhawatirkan. Kalau disebabkan sembelit, Anda cukup konsumsi makanan fermentasi seperti yoghurt dan kombucha. Yoghurt juga bisa membantu mengatasi sakit perut tanpa obat, terutama ketika sistem pencernaan terganggu.

2. Minum susu

Susu dapat membantu menetralkan asam yang diproduksi lambung, jelas Jeffry A. Katz, MD., ahli gastroenterologi di University Hospital Cleveland Medical Center. Obat rumahan ini, bisa diminum ketika perut terasa mulas, ada rasa terbakar, dan terasa penuh sehingga rasanya ingin muntah.

cara mengatasi sakit perut tanpa minum obat
Ilustrasi cara mengatasi sakit perut tanpa minum obat (Freepik/Kamran Aydinov)

3. Teh jahe

Obat sederhana untuk mengatasi sakit perut, ialah teh jahe. Bahan ini mungkin ada di rumah, yaitu jahe dan bisa ditambahkan teh atau madu. Jika Anda tak bisa minum minuman kafein, tak perlu dicampurkan teh.

Jahe bekerja dengan baik untuk pencernaan Anda. Kadang penyebab sakit perut tak diketahui secara pasti, tetapi jahe bisa membantu mempercepat laju perpindahan makanan ke usus kecil dari lambung. Charlene Prather, MD., profesor gastroentrologi di Saint Louis University School dilansir Women’s Health, Jumat, 11 November, jahe juga dapat mengatasi rasa mual dan membantu menenangkan perut.

4. Makan makanan berserat

Secara teori, pria dan perempuan memiliki kombinasi hormon yang berbeda. Menurut Irwin Grosman, MD., kepala asosiasi gastroentrologi di Brooklyn mengatakan kalau perempuan kebanyakan membutuhkan waktu lebih lama untuk mencerna makanan dan buang air besar. Sarannya, tambahkan makanan berserat dalam menu makan Anda. Ini akan membantu sistem pencernaan seimbang dan tak lagi mengalami sakit perut.

5. Makan di saat lapar

Obat lapar hanyalah makan, tetapi ada hal yang perlu Anda perhatikan. Tanpa makanan, lambung terisi angin sehingga membuat Anda ‘masuk angin’. Sedangkan kebanyakan makan, juga membuat perut sakit. Artinya, makan saat lapar dan ukur porsi Anda. Selain itu, kenali kondisi jika diikuti gejala lain. Kalau terasa sakit seperti terbakar, mungkin karena maag dan Anda harus periksa ke dokter untuk mengatasinya.

cara mengatasi sakit perut tanpa minum obat
Ilustrasi cara mengatasi sakit perut tanpa minum obat (Freepik)

6. Minum air mineral

Jika perut terasa nyeri pada sisi tubuh, baik kiri maupun kanan, ini disebabkan musculoskeletal yang disebabkan dehidrasi atau makan terlalu banyak sebelum Anda memulai sesi olahraga. Untuk mengatasinya, tak perlu minum obat, cukup minum air mineral dan beri jeda setidaknya satu jam setelah makan baru berolahraga.

7. Teh chamomile

Seperti yang kita tahu, chamomile mengandung bisabolol yang merupakan senyawa anti inflamasi sehingga melemaskan lapisan otot pada saluran pencernaan. Salah satu cara mengatasi sakit perut, Anda bisa menyeduh teh chamomile.

8. Teh peppermint

Peppermint dapat meredakan nyeri sakit perut. Menthol telah terbukti mengendurkan otot-otot saluran pencerhaan, jelas Herrera. Tetapi jika Anda mengalami refluks asam sehingga perut terasa sakit, hindari meminumnya.

9. Mandi air hangat

Dokter Herrera juga menyarankan cara sederhana untuk mengatasi sakit perut, yaitu dengan mandi air hangat. Air hangat bisa menghilangkan stres yang sering bermanifestasi pada sakit perut. Dengan air hangat, otot-otot yang tegang bisa mengendur. Anda bisa menambahkan sedikit garam Epsom dalam bak mandi untuk membantu meningkatkan serotonin otak dan lebih rileks.