10 Cara Tradisional untuk Mengatasi Susah Tidur, Ternyata Ampuh
Ilustrasi cara ampuh mengatasi susah tidur (Pexels/Andrea Piacquadio)

Bagikan:

JAKARTA – Susah tidur bisa disebabkan berbagai faktor, mulai dari banyak pikiran, banyak yang tertunda, atau bahkan terlalu lelah pun juga acap mengganggu tidur. Kurang tidur bisa memicu berbagai penyakit, artinya Anda perlu mengurangi malam-malam begadang.

Apabila Anda ingin mengatasinya dengan cara tradisional tetapi tetap ampuh tanpa minum obat, berikut yang bisa dilakukan.

1. Latihan pernapasan

Mengatur napas adalah cara mengontrol tubuh dan pikiran supaya lebih rileks. Cara ini sangat sederhana, seperti latihan meditasi. Pertama, tarik napas melalui hidung 1-4 hitungan. Kemudian tahan napas selama 7 hitungan, dan hembuskan lewat mulut dengan 8 hitungan.

Latihan napas ini bisa dilakukan 3 kali putaran sebelum tidur.

2. Siapkan waktu tidur

Kesiapan menandai kesadaran akan waktu. Apabila Anda merencanakan tidur pukul 11, artinya 30 menit sebelum waktu tersebut perlu dipersiapkan. Sebelum tidur, hindari rebahan di kamar tidur. Cobalah berjarak dari tempat atau ruang tidur. Kemudian tepat pada waktunya, Anda bisa mulai berbaring dengan tubuh rileks.

3. Mendengarkan musik

Banyak sekali platform digital pemutar musik yang bikin daftar putar khusus untuk membantu tubuh rileks dan mengantarkan tidur nyenyak. Cara ini juga bisa dilakukan oleh penderita insomnia kronis, dilansir SehatQ, Jumat, 17 September.

4. Atur suhu kamar tidur

Apabila kamar tidur berpendingin udara atau ber-AC, turunkan suhunya agar lebih dingin. Sebab berdasarkan studi suhu dingin bisa membuat kantuk datang. Jika tanpa pendingin ruangan, buka jendela sebentar agar sirkulasi udara bergerak dan suhu lebih sejuk.

5. Berkomitmen untuk lekas tidur

Tidur seperti relasi dengan orang lain yang butuh komitmen. Ini bertujuan untuk membatasi diri mengakses gawai, misalnya, atau menonton televisi bahkan mengerjakan tugas esok hari.

6. Mandi air hangat

Bedasarkan studi, mandi air hangat bisa membuat tubuh rileks, hormon adrenalin yang membuat tubuh terjaga juga akan menurun dengan cara ini.

7. Minum minuman hangat

Asalkan bukan minuman yang mengandung kafein, boleh diminum sebelum tidur. Seperti susu hangat, teh chamomile, teh lavender, maupun teh kayu manis.

cara tradisional untuk mengatasi susah tidur
Ilustrasi cara tradisional untuk mengatasi susah tidur (Pexels)

 

8. Nyemil almond

Almond maupun kacang-kacangan mengandung melatonin. Fungsi melatonin bisa meningkatkan kualitas tidur. Dalam kacang juga mengandung magnesium yang membantu seseorang dengan insomnia bisa mendapatkan tidur lebih baik.

9. Makan kiwi

Berdasarkan penelitian, mengutip Alodokter, mengonsumsi 2 buah kiwi sebelum tidur bisa membuat kantuk dan tidur nyenyak. Bagaimana bisa berefek membantu tidur? Sebab kiwi mengandung antioksidan dan serotonin yang membuat tubuh tenang dan rileks.

10. Makan makanan yang mengandung magnesium

Disamping almond dan kacang-kacangan, posing, alpukat, dan tahu juga mengandung magnesium. Kabar baiknya, kandungan kalsium membantu mengatur siklus tubuh, terutama membuat tidur lebih berkualitas.

Sudah pernah mencoba cara-cara tradisional tanpa obat di atas untuk mengatasi susah tidur yang Anda alami? Apabila masih sulit tidur, cobalah berkonsultasi pada dokter.