7 Manfaat Kacang Tanah untuk Kecantikan Kulit, Salah Satunya Bisa Melembabkan Wajah
Ilustrasi (Tom Hermans/Pexes)

Bagikan:

JAKARTA - Kacang tanah mengandung sumber lemak sehat, serat, vitamin, dan mineral, protein dan memberikan banyak manfaat kesehatan seperti membantu menurunkan kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung. Kacang juga dapat membantu mengurangi peradangan, meningkatkan kesehatan pencernaan, dan merupakan sumber energi yang baik.

Selain itu, kacang tanah pun kaya akan antioksidan, yang dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Selain kesehatan, pernahkah Anda berpikir bahwa kacang tanah juga baik untuk kecantikan kulit? Nah, berikut beberapa manfaat kecantikan yang menakjubkan dari kacang tanah yang tidak boleh Anda lewatkan, dilansir dari Times of India, Selasa, 7 Februari.

Anti-Penuaan

Kacang tanah mengandung beberapa antioksidan. Antioksidan ini tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan dengan menangkal radikal bebas tapi juga mampu membantu melawan tanda-tanda penuaan, seperti keriput dan bintik-bintik penuaan.

Melembabkan Kulit

Kacang adalah sumber asam lemak esensial yang membantu menjaga kulit tetap terhidrasi dan mempertahankan kelembapan alaminya. Jadi, jika Anda ingin punya kulit lembab sehat, konsumsi kacang tanah bisa jadi alternatif. Namun, konsumsi kacang tanah tidak disarankan bagi pemilih kulit berminyak karena justru bisa membuat kulit lebih berminyak.

Melawan Jerawat

Konon, orang yang memiliki wajah berjerawat dilarang konsumsi kacang tanah. Padahal, kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan yang ada dalam kacang. Dipercaya dapat membantu melawan bakteri penyebab jerawat dan mengurangi peradangan.

Mencegah Kerusakan Akibat Sinar Matahari

Kacang mengandung vitamin E. Vitamin E merupakan antioksidan kuat yang membantu melindungi kulit dari efek merusak sinar UV. Meski begitu, Anda tetap disarankan menggunakan sunscreen untuk perlindungan yang lebih efektif.

Merangsang Produksi Kolagen

Tubuh memproduksi kolagennya sendiri. Tapi seiring bertambahnya umur, kolagen dalam tubuh mulai berkurang. Kacang kaya akan seng, yang membantu merangsang produksi kolagen. Sehingga menjaga kulit tampak kencang dan awet muda.

Mencerahkan Kulit

Kacang adalah sumber vitamin yang bagus, termasuk vitamin C. Sehingga konsumsi kacang tanah bukan hanya mencegah tanda penuaan tapi juga membantu mencerahkan kulit dan mengurangi pigmentasi.

Mengurangi Lingkaran Hitam

Tingginya kadar vitamin K, asam lemak, dan antioksidan yang ada dalam kacang membantu mengurangi munculnya lingkaran hitam. Membantu melawan radikal bebas dan kerusakan kuoit akibat lingkungan serta bisa melembutkan dan menyehatkan kulit.