Minum Jus Bisa Bantu Perlambat Pertumbuhan Uban di Rambut? Ini Bahan dan Cara Membuatnya
Ilustrasi (Lisa Fotios/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Rambut beruban merupakan bagian alami dari proses penuaan yang dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti genetika, perubahan hormonal, dan gaya hidup. Meskipun tidak ada obat mujarab yang bisa membalikkan proses tersebut sepenuhnya, memasukkan nutrisi tertentu ke dalam makanan Anda dapat mendukung kesehatan rambut secara keseluruhan dan berpotensi memperlambat proses uban. 

Salah satu pendekatan tersebut yaitu dengan mengonsumsi jus yang kaya akan vitamin dan mineral penting, yang diyakini bermanfaat bagi pigmentasi rambut.

Bahan-bahan untuk jus:

Bayam

Dikemas dengan zat besi serta vitamin A dan C, bayam bisa bantu meningkatkan kesehatan kulit kepala dan pertumbuhan rambut. Kekurangan zat besi sangat berkaitan erat dengan pertumbuhan uban dini. Sehingga bayam merupakan bahan penting dalam pembuatan jus.

Wortel

Wortel kaya akan beta-karoten, yang diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh. Vitamin A sangat penting untuk produksi sebum, menjaga kesehatan kulit kepala dan melawan kekeringan yang dapat menyebabkan munculnya uban dini.

Bit

Bit kaya akan antioksidan, terutama vitamin C, yang membantu produksi kolagen. Kolagen sangat penting untuk kekuatan dan pigmentasi rambut, sehingga berpotensi mengurangi munculnya uban.

Amla (Gooseberry India)

Amla adalah sumber vitamin C dan antioksidan. Ini telah menjadi bahan pokok dalam pengobatan Ayurveda untuk meningkatkan kesehatan rambut, mencegah uban dini, dan mendukung proses pigmentasi alami.

Jahe

Jahe memiliki sifat anti-inflamasi yang bermanfaat bagi kesehatan kulit kepala. Kondisi kulit kepala yang membaik berkontribusi pada rambut yang lebih sehat dan berpotensi memperlambat proses uban.

Lemon

Kaya vitamin C, lemon membantu sintesis kolagen dan meningkatkan penyerapan zat besi dari sumber nabati. Buah jeruk ini mendukung kesehatan rambut secara keseluruhan dan mungkin berperan dalam mencegah uban dini.

Daun mint

Daun mint memberikan rasa menyegarkan sekaligus menyumbangkan antioksidan pada jus. Antioksidan membantu melawan stres oksidatif, yang berhubungan dengan uban dini.

Air kelapa

Air kelapa menghidrasi dan mengandung elektrolit penting, meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Hidrasi yang tepat sangat penting menjaga kesehatan rambut dan mencegah kulit kepala kering yang dapat menyebabkan uban.

Persiapan

Cuci dan potong

Cuci semua sayuran sampai bersih. Potong bayam, wortel, bit, amla, dan jahe menjadi potongan kecil agar mudah diblender.

Membuat jus

Tambahkan bahan yang sudah dibersihkan dan dipotong-potong ke dalam blender. Peras satu buah lemon ke dalam bahan. Tambahkan segenggam daun mint. Tuangkan air kelapa sebagai bahan dasar yang menyegarkan.

Blender hingga halus

Haluskan bahan-bahan tersebut sampai mencapai konsistensi yang halus. Jika jusnya terlalu kental, Anda dapat menambahkan lebih banyak air kelapa untuk mencapai tekstur yang Anda inginkan.

Disaring

Untuk mendapatkan jus yang lebih halus, Anda bisa menyaring campurannya untuk menghilangkan ampasnya. Namun, mempertahankan ampas memberikan tambahan serat dan nutrisi.

Sajikan dingin

Tuangkan jus ke dalam gelas dan dinginkan atau tambahkan es untuk minuman dingin yang menyegarkan. Agar manfaatnya bisa lebih terasa, Anda bisa konsumsi minuman segar, sehat, dan bermanfaat ini setidaknya 2-3 kali dalam seminggu.