6 Cara Mengatasi Uban agar Tidak Tumbuh Lagi, Tanpa Perlu Disemir
cara mengatasi uban agar tidak tumbuh lagi (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Adanya uban atau rambut putih cukup mengganggu penampilan bagi sebagian orang. Apalagi jika uban tumbuh pada orang-orang yang masih berusia muda. Rambut putih dinilai membuat seseorang tampak lebih tua, sehingga membuat kurang percaya diri. Bagi Anda yang mengalami hal ini, ada beberapa cara mengatasi uban agar tidak tumbuh lagi. 

Munculnya uban biasanya dialami oleh seseorang karena faktor bertambahnya usia atau beranjak menua. Namun ada juga anak muda yang sudah beruban karena faktor genetik. Selain itu, uban bisa saja tumbuh karena pengaruh stres dan kekurangan vitamin. Lantas bagaimana cara mengatasi uban agar tidak tumbuh lagi bagi yang masih berusia muda?

Cara Mengatasi Uban agar Tidak Tumbuh Lagi

Rambut uban bisa muncul lebih cepat pada orang-orang berusia muda, tanpa menunggu berusia tua. Kondisi ini tentu saja cukup mengganggu penampilan karena membuat terlihat lebih tua. Anak-anak muda yang beruban kerap tidak percaya diri pada kondisi rambutnya.

Adanya uban yang disebabkan oleh faktor genetik memang tidak bisa dikembalikan seperti semula. Solusi paling tepat untuk masalah tersebut adalah dengan mewarnai rambut. Sementara jika munculnya uban karena kondisi medis tertentu, maka ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya.  

Berikut ini beberapa tips mengatasi uban supaya tidak tumbuh lagi bagi Anda yang memiliki rambut putih di usia muda:

Mencukupi Kebutuhan Nutrisi Tubuh

Kekurangan nutrisi dapat mempengaruhi produksi melanin atau pigmen alami pada folikel rambut. Kondisi ini bisa menyebabkan rambut seseorang jadi beruban meski masih berusia muda. 

Olah karena itu, pastikan Anda mencukupi nutrisi tubuh dan mengonsumsi vitamin. Anda perlu mengonsumsi vitamin, seperti vitamin B9, B6, B12, hingga minyak ikan untuk mengembalikan warna rambut. 

Berhenti Merokok dan Alkohol

Kebiasaan merokok dan konsumsi alkohol berlebihan juga bisa mengganggu kesehatan rambut dan kulit kepala. Zat kimia dalam rokok dapat merusak folikel rambut dan alkohol bisa mengganggu penyerapan nutrisi untuk rambut sehat. Agar tidak beruban di usia muda, sebaiknya hentikan kebiasaan merokok dan minum alkohol. 

Menggunakan Bahan Herbal

Tips lainnya untuk mengatasi uban agar tidak tumbuh lagi adalah dengan menggunakan bahan herbal. Sejumlah bahan herbal diyakini dapat membantu meningkatkan kesehatan rambut. Dengan pemakaian bahan herbal, uban yang muncul bisa diatasi dan kembali seperti semula. 

Menjaga Kesehatan Rambut dan Kulit Kepala

Masalah paling umum yang menyebabkan munculnya uban adalah karena kesehatan rambut dan kulit kepala bermasalah. Kondisi rambut yang sehat biasanya tidak mudah mengalami kemunculan uban. Untuk merawat rambut, Anda bisa menggunakan sampo dan kondisioner yang sesuai dengan jenis rambut. Selain itu, Anda juga perlu merawat kulit kepala dengan menjaga kebersihan atau melakukan pemijatan secara teratur. 

Menghindari Stres

Stres berlebihan juga bisa mengganggu kesehatan rambut, sehingga rentan mengalami pertumbuhan uban lebih cepat. Untuk mengatasi uban atau menghindari rambut putih di usia muda, Anda perlu mengurangi stres. Anda bisa menjaga kesehatan mental dan pikiran dengan cara meditasi, yoga, dan olahraga. 

Hindari Pemakaian Produk Perawatan Rambut dengan Bahan Kimia

Pemakaian produk perawatan rambut berbahan kimia keras juga dapat memicu tumbuhnya uban di usia muda. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menghindari penggunaan produk perawatan rambut yang mengandung bahan kimia bersifat keras. Anda bisa memilih produk yang memiliki kandungan bahan alami yang lebih aman untuk kesehatan rambut dan kulit kepala. 

Demikianlah beberapa cara mengatasi uban agar tidak tumbuh atau munculnya rambut putih di usia muda. Selain kemunculan uban karena faktor genetik, kondisi kesehatan rambut sangat dipengaruhi oleh pola hidup seperti asupan nutrisi, kesehatan mental dan pikiran, penggunaan produk perawatan rambut, dan lainnya. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan kabar terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.