Bagikan:

YOGYAKARTA – Setelah olahraga atau aktivitas berkeringat, rambut akan lepek dan bau kecut. Tentu saat kondisi seperti ini akan memengaruhi kepercayaan diri. Nah, menurut sejumlah penata rambut, ikuti tips menata rambut lepek dan berkeringat setelah olahraga berikut ini.

1. Pakai sampo kering

Meskipun sudah jelas, sampo kering bisa membantu secara instan memperbaiki penampilan rambut lepek setelah olahraga. Tetapi istirahatkan dahulu rambut sebelum menatanya dengan hairdryer. Setelah latihan, Anda bisa menyemprotkan mist sampo pada kulit kepala dan gosokkan secara lembut dan merata. Kemudian keringkan tetapi hindari memakai suhu panas.

tips menata rambut lepek usai olahraga
Ilustrasi tips menata rambut lepek usai olahraga (Freepik)

2. Hindari mengikat kencang rambut

Jika rambut Anda sedang dalam kondisi baik sebelum olahraga, salah satu cara termudah membuat rambut tak lepek karena keringat adalah dengan ambil bagian atas rambut dan jepit longgar bagian ubun-ubun. Ambil bagian bawah dan ikat memakai pengikat rambut lalu kuncir ekor kuda longgar saja. Tips ini membantu keringat saat olahraga cepat menguap tanpa harus transfer ke rambut sehingga membuatnya lepek.

3. Mengepang rambut

Saran penata rambut yang biasa menangani Rihanna, Kendall Dorsey, kepang rambut Anda sebelum berolahraga. Bisa satu atau membuatnya dua kepang. Setelah selesai olahraga, lepas kepang dan gunakan produk untuk akar serta sepanjang rambut yang berguna menyerap keringat serta menambah volume dan tekstur.

4. Memilin rambut

Kepang bukan satu-satunya gaya menata rambut yang membutuhkan ketelatenan. Gaya rambut dipilin, atau diputar, juga membuat penampilan tetap menawan meski sehabis olahraga. Caranya, simpul rambut yang dipilih dan tak apa ditata sedikit berantakan untuk mengesankan penampilan seksi. Jika Anda memiliki rambut lurus, lilitan atau pilinan akan membuat rambut bergelombang indah setelah berolahraga.

5. Hias dengan bando

Bando tidak hanya menjadi tren seiring dengan kebangkitan gaya rambut Y2K saat ini. Melansir Byrdie, Rabu, 17 Juli, memakai bando juga merupakan cara bagus untuk menghilangkan keringat. Anda bisa juga memakai bando kain atau ikat kepala untuk menyerap kelembapan. Tetapi pilihlah berbahan katun yang bisa diandalkan menyerap keringat sekitar pelipis, ubun-ubun, dan bagian bawah rambut di tengkuk.

Cara di atas bisa dilakukan sebagai tips bergaya meski rambut lepek setelah olahraga. Untuk menghindari rambut kusut, bisa diikat lembut dengan pengikat rambut berbahan sutra, misalnya. Jika memungkinkan, gunakan pengering rambut dengan pengaturan suhu dingin saat rambut masih lembap.